EmitenNews.com - Desa wisata di Jawa Timur dinilai mampu memberikan ruang bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk tumbuh dan berkembang. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di Kota Malang, Jawa Timur, mengatakan bahwa keberadaan desa wisata di wilayahnya memang tidak bisa lepas dari para pelaku UMKM yang mayoritas dikelola oleh masyarakat setempat.

 

"Memang desa wisata memiliki karakter berbeda dengan destinasi wisata yang besar. Namun, desa wisata memberikan kesempatan untuk UMKM lebih bisa muncul, dibanding franchise besar," kata Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (6/7/2023).

 

Pemprov Jatim menyatakan bahwa keberadaan desa wisata di wilayah yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa tersebut dinilai memberikan ruang yang sangat besar terhadap konten-konten lokal dari masyarakat setempat. Di antaranya, sektor kuliner hingga buah tangan atau oleh-oleh.

 

Dengan ruang yang besar terhadap produk-produk lokal tersebut, Menurut Wagub Emil Dardak, peluang UMKM untuk tumbuh juga dinilai menjanjikan. Itu yang terjadi, meski pun jumlah pengunjung pada desa-desa wisata tidak sebesar destinasi wisata yang memiliki berbagai wahana untuk menarik wisatawan.

 

"Ruang untuk UMKM bisa jualan sangat tinggi, namun memang karakter desa wisata berbeda dengan spot wisata besar seperti Jatim Park, yang datang bisa ribuan orang. Kalau desa wisata ya mungkin 100-200 orang," kata Emil Dardak. ***