EmitenNews.com - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana membuka Bandar Lampung Expo 2024, Senin (8/7/2024) malam. Meski cuaca kurang bersahabat ditandai dengan turunnya hujan, tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pameran pembangunan yang akan dimeriahkan oleh sejumlah artis lokal sampai nasional. Walau hujan sempat reda, tetapi saat acara dibuka oleh Ibu wali kota hujan rintik-rintik kembali turun.  

Bunda Eva, sapaan akrab perempuan pertama wali kota di Ibu Kota Bandar Lampung itu, memasuki lapangan Saburai Enggal, di tengah hujan yang akhirnya berhenti, mendapat sambutan hangat dari para tetamu. Sebelum duduk di tempatnya, ia menyalami satu per satu para tamu, yang terdiri atas sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya. 

Sebelum akhirnya duduk di tempat yang sudah disediakan, Bunda Eva memberikan salam takzim, dengan mengatupkan ke dua tangannya ke dada, sambil bolak-balik mengarahkan pandangannya ke berbagai arah. 

“Hujan berkah… berkah, alhamdulillah… ini berkah,” kata Bunda Eva sambil melemparkan senyum manisnya.

Bunda Eva nampak antusias menyaksikan pembukaan cara yang dibuka dengan tarian selamat datang, dan tari kolosal yang diperankan para siswa-siswi di kota tersebut.

Dalam sambutannya yang didahului pantun selamat datang Bunda Eva mengungkapkan, pendapatan asli daerah (PAD) membaik, kesejahteraan membaik, yang semuanya akan ditingkatkan di segala bidang. Ia mengisyaratkan pentingnya keberlanjutan pembangunan di semua bidang untuk kesejahteraan masyarakat.  

Bunda Eva juga mengemukakan Kota Bandar Lampung bakal diramaikan oleh 10 hotel berbintang lagi, di antaranya 2 hotel bintang 5, dan 8 bintang 3. Lainnya, Grand Lampung yang akan dilengkapi jaringan hotel, berbagai wahana permainan.

Bunda Eva berharap iklim investasi terus bertumbuh dengan bertumbuhnya dunia usaha. Dari atas panggung, ia berjanji memberikan kemudahan berusaha, agar lahir para pelaku usaha, yang pada gilirannya bisa meningkatkan PAD Bandar Lampung.  

“Ayo hadir di acara expo ini. Semoga semua aktivitas usaha berjalan dengan baik, dan  bisa meningkatkan PAD. Kita harus mengisi semua pembangunan, sesuai dengan bidang masing-masing,” katanya.

Bandar Lampung Expo 2024 yang dihelat pada 8-15 Juli 2024, di Lapangan Saburai Enggal, menurut Bunda Eva masih dalam rangkaian HUT ke-342 Kota Bandar Lampung.

Rangkaian HUT tersebut di antaranya kegiatan tembang kenangan, upacara bendera, ziarah ke makam pahlawan, jalan sehat, dan pawai budaya. Terdapat pameran (Bandar Lampung Expo) gratis dan tidak ada bayaran. Semuanya murah untuk warga Bandar Lampung.

Sebelumnya, ribuan warga mengikut jalan sehat dalam rangka HUT ke-342 Kota Bandar Lampung. Masyarakat dari 20 kecamatan se Bandar Lampung berjalan mulai dari Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Kartini. Lalu masuk ke Jalan Katamso menuju Jalan Raden Intan dan tuntas di Tugu Adipura.

Antusiasme masyarakat dipicu antara lain oleh penampilan sejumlah musisi, dan band, yang bisa disaksikan warga secara gratis. Sebelumnya, kepada pers, Kabag Administrasi Pembangunan Pemkot Bandar Lampung, Welly Hariadi, mengatakan, penampilan pertama oleh Hijau Daun Band, Senin malam.

Selanjutnya, Batas Senja, pada Kamis (11/7/2024), dan esoknya Jumat (12/7/2024), Teh Manis, Sabtu (13/7/2024), DJ Wyana dan Aline Sha, dan Kipas Tua, pada Minggu (14/7/2024), serta Senin (15/7/2024) oleh Findi Artika dan Mahatma Production.

Welly Hariadi juga mengungkapkan, peserta expo terdiri atas perangkat forum komunikasi perangkat daerah, dinas, BUMN, dan stand pihak swasta, yang di antaranya diisi para pelaku usaha UMKM. 

Di luar itu, sedikitnya ada 20 stan yang meliputi 13 gerai dari organisasi perangkat daerah, dan empat stan instansi vertikal. Lalu satu stan masing-mading untuk forum camat dan organisasi gabungan.

“Di stan itu, masing-masing OPD angkat menampilkan ciri khasnya serta memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Welly, Kamis (27/7/2024). ***