EmitenNews.com - Emiten properti, PT Kokoh Exa Nusantara Tbk (KOCI) telah resmi mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perseroan menyebutkan, dana yang berhasil dihimpun dari IPO senilai Rp54 miliar .


Sekitar 64,51% akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) dalam rangka pelunasan pembelian tanah seluas 25,53 hektar. Kemudian, sisanya sebesar 35,49% akan digunakan untuk modal kerja perseroan.

 

Nahasnya, saham KOCI sudah hampir mendekati Gocap. Pada penutupan perdagangan kemarin, Senin 9 Oktober 2023, KOCI konsisten melanjutkan tren penurunan dari hari perdananya.

 

KOCI bertengger di level 68 per saham atau turun 19,05 persen dengan rentetan transaksi mencapai 11.748 kali untuk 129,30 juta saham dan nilainya mencapai Rp9,84 miliar.

 

Dalam aksinya, perseroan melepas sebanyak 450 juta lembar saham atau setara 10,19% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO, dengan harga penawaran umum senilai Rp120 per saham.

 

Dalam aksi korporasi ini, bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan juga sebagai penjamin emisi efek adalah PT Panca Global Sekuritas. Sebagai informasi, saat ini perseroan sedang mengembangkan kawasan hunian berkonsep Kota Mandiri bernama Kokoh City di kawasan Gerbang Kertasusila yang berjarak 15 kilo meter (km) dari pusat kota Surabaya.

 

Selain menyediakan tipe rumah non subsidi, perseroan juga melayani Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan produk rumah subsidi dalam upaya berkontribusi pada program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan rumah tinggal yang layak.

 

Perseroan telah mendapatkan izin lokasi seluas 300 hektar (ha). Melalui kerja sama dengan Bank BTN, BTN syariah dan beberapa bank lainnya sebagai penyedia kredit pemilikan rumah (KPR), penghasilan perseroan selain dari aktivitas penjualan rumah tapak juga dari jasa konstruksi.

 

Seiring dengan penawaran saham baru, emiten asal Madura, Jawa Timur ini juga akan menerbitkan waran seri I sebanyak-banyaknya 450 juta atau 11,35% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO. Waran tersebut akan dibagikan secara otomatis sebagai insentif bagi para pemegang saham baru, di mana setiap pemegang 1 lembar saham KOCI berhak memperoleh 1 waran secara cuma-cuma.