EmitenNews.com - PT Astra Otoparts (AUTO), anak usaha PT Astra International (ASII) memperkenalkan Astra Otopower sebagai portofolio terbaru. Jaringan pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) itu, resmi diluncurkan Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro, dan Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim di Menara Astra, di Jakarta, Senin (25/7). 


Astra Otopower berlokasi di area parkir lantai B2 Menara Astra itu, merupakan jaringan pengisian KBLBB resmi pertama. Nanti, Astra Otopower akan hadir diberbagai lokasi lain untuk mendukung pemerintah menyiapkan infrastruktur pelaksanaan kegiatan Presidensi G20, dan mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik Indonesia. 


Sebagai portofolio termuda, Astra Otopower menjadi bagian partisipasi Astra Otoparts dalam mendukung program pemerintah menekan emisi gas buang kendaraan bermotor, dan proses transisi energi, khususnya dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi bahan bakar listrik melalui ekosistem KBLBB dengan infrastruktur kendaraan listrik. 


”Semangat kami untuk terus mengeksplorasi peluang bisnis baru berkelanjutan diwujudkan dalam proyek dan investasi terhadap energi baru terbarukan (EBT) untuk mendukung pemerintah menyiapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Direktur Astra sekaligus Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim. 


Sejalan dengan komitmen Astra melakukan transisi untuk mewujudkan masa depan Indonesia berkelanjutan, Astra Otopower menjadi wujud nyata kontribusi Astra Otoparts untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan. 


Charging machine pada jaringan KBLBB Astra Otopower menggunakan standar global komunikasi internasional, sehingga seluruh tipe kendaraan listrik dapat menggunakan charging machine ini selama konektor sesuai regulasi berlaku di Indonesia. 


Selain itu, charging machine itu juga dilengkapi fitur inovatif berupa Safety Flooding System. Itu membuat charging machine otomatis mati apabila terendam air. Lalu, fitur Humidity Control System yang mencegah charging machine dalam keadaan lembab berlebih sehingga sesuai kondisi Indonesia. 


Saat ini, jaringan pengisian KBLBB Astra Otopower dapat dioperasikan menggunakan mobile web browser di mana historikal transaksi pengisian pengguna akan terekam. Ke depan, sistem pengoperasian Astra Otopower akan terintegrasi dengan www.astraotoshop.com. Dengan begitu, selain mempermudah pengguna dalam pengoperasian, pelanggan juga diberi kenyamanan melalui fitur-fitur lebih lengkap. (*)