EmitenNews.com - PT Waskita Toll Road (WTR), anak usaha dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), telah menyalurkan fasilitas pinjaman sebesar Rp270 miliar kepada PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT).    

Pinjaman ini bersifat non-revolving dan akan disalurkan secara bertahap sesuai dengan perjanjian fasilitas pinjaman pemegang saham yang ditandatangani pada 10 September 2024.

Sebagai pemegang saham dengan kepemilikan 35% di CCT, WTR memberikan fasilitas pinjaman ini untuk mendukung proses refinancing CCT. Dana tersebut akan digunakan untuk melunasi lebih awal perjanjian pembiayaan sindikasi yang ada saat ini. 

Manajemen WTR mengungkapkan bahwa transaksi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi WTR sebagai pemegang saham di CCT, sebagaimana disampaikan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia.

Sebagai informasi, CCT didirikan pada tahun 2008 dengan modal ditempatkan dan disetor penuh sebesar Rp80 miliar. 

Per 31 Desember 2022, struktur kepemilikan saham CCT terdiri dari 55% saham yang dikendalikan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), 35% dimiliki oleh WTR, 5% oleh PT Bakrie Toll Indonesia, dan 5% oleh PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR).

Pinjaman ini menjadi bagian dari strategi WTR untuk memperkuat posisinya di sektor infrastruktur jalan tol dan mendukung keberlanjutan proyek-proyek tol di Indonesia. Dengan adanya langkah ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang lebih baik antara WTR dan CCT dalam mengoptimalkan aset dan proyek yang dimiliki.