EmitenNews.com - Fitch Ratings Indonesia (Fitch) menyematkan peringkat AA (idn) Sumber Alfaria Trijaya (AMRT). Rating perusahaan sektor perdagangan ritel itu, disandangkan dengan outlook stabil. 

Direktur AMRT, Olly Prayudi mengatakan peringkat itu, menunjukkan ekspektasi terhadap risiko gagal bayar sangat rendah. Fitch mengandalkan informasi faktual dari para emiten, dan dari sumber lain dalam menerbitkan rating tersebut.

"Fitch melakukan pemeriksaan masuk akal sehubungan dengan informasi faktual sesuai dengan metodologi pemeringkatannya," ujar Olly dalam keterangannya, Kamis (15/2).

Selain itu, Fitch juga mengandalkan pekerjaan dari para ahli, termasuk auditor independen sehubungan dengan laporan keuangan, dan pengacara lainnya soal permasalahan legal dan pajak.

Peringkat dapat dinaikkan, diturunkan, dicabut atau dimasukkan dalam peringkat dipantau/rating watch karena perubahan-perubahan, tambahan-tambahan, keakuratan atau ketidakakuratan informasi atau karena alasan lainnya dianggap cukup oleh Fitch.

"Pemeringkatan itu, bukan rekomendasi atau saran, baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk membeli, menjual, melakukan, atau menahan investasi, pinjaman atau efek apapun atau untuk menentukan strategi investasi apapun," pungkasnya.

Sementara itu, Alrich Paskalis, Investment Advisor Phintraco Sekuritas menyebut saham Sumber Alfaria direkomendasikan pada speculative buy dengan teknikal lower shadow cukup panjang dengan volume solid menjadi indikasi accumulation buy mulai terjadi. 

“Pergerakan tersebut menjadi sinyal awal rebound. Pivot breakout 2650, dengan volume terjaga menjadi konfirmasi. Rekomendasi masuk pada angka 2590, stop-loss jika menyentuh level 2500 dan  target ada di level 2720,” tegas Alrich. (*)