EmitenNews.com - Trend gaya hidup dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, baik fisik maupun mental. Perkembangan jaman yang memberikan banyak kemudahan dalam banyak aspek kehidupan, serta menciptakan perubahan dalam bentuk kegiatan yang dijalani masyarakat sehari-hari, memberikan dampak cukup signifikan terutama dalam hal kesehatan. Mengakomodir kebutuhan masyarakat, Allianz Life dan Allianz Syariah meluncurkan Flexi Medical Plan, Asuransi Kesehatan Fleksibel, Kamis (19/9/2024).

Meningkatnya klaim asuransi kesehatan di Indonesia dalam dua tahun terakhir (2021-2023) tercatat sebesar 24% sampai 25% setiap tahunnya. Per semester I tahun 2024, klaim asuransi kesehatan menunjukkan peningkatan sebesar 26% secara year-on-year (sumber: Laporan AAJI 2023 dan Laporan AAJI Semester I 2024). 

Peningkatan klaim yang dibayarkan untuk asuransi kesehatan ini terutama dilatarbelakangi oleh inflasi biaya medis di Indonesia yang menurut Mercer Marsh Health Trends Report 2024, diperkirakan naik sebesar 13%. 

Data klaim kesehatan Allianz mencatat bahwa presentase jumlah kasus klaim kesehatan untuk penyakit-penyakit kritis yang biasanya diderita oleh generasi berusia lebih tua, saat ini juga relatif banyak diajukan oleh nasabah berusia di bawah 40 tahun.

Dari tiga kasus klaim tertinggi untuk pengobatan dan perawatan terkait penyakit kritis yang dibayarkan oleh Allianz Indonesia selama dua tahun terakhir (2021-2023), tercatat pertumbuhan jumlah kasus klaim yang dibayarkan kepada nasabah berusia di bawah 40 tahun untuk sejumlah penyakit.

Di antaranya, penyakit Paru-paru sebanyak 2.300 kasus, meningkat 108%; Ginjal sebanyak 2.100 kasus, meningkat 161%; dan Kanker sebanyak 1.900 kasus, atau meningkat 167%.

Kebutuhan akan perlindungan kesehatan fokus Allianz

Dalam keterangannya Kamis (19/9/2024), Country Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, Himawan Purnama mengungkapkan, kebutuhan akan perlindungan kesehatan menjadi salah satu fokus solusi pihaknya sediakan untuk nasabah. Terlebih ketika kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi, maka Allianz hadir memenuhi kebutuhan tersebut. 

“Kami menyediakan perlindungan asuransi kesehatan untuk berbagai segmen nasabah, baik asuransi kesehatan murni maupun manfaat perlindungan kesehatan tambahan yang melengkapi produk asuransi jiwa unit link, konvensional serta yang berbasis syariah,” papar Himawan Purnama.

Pada peluncuran Allianz Flexi Medical Plan di Jakarta, 19 September 2024, Allianz Life dan Allianz Syariah menghadirkan dr. Tirta Mandira Hudi, seorang dokter dan entrepreneur yang berbagi mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. Topik ini penting, mengingat saat ini generasi muda banyak mengalami sakit yang biasanya diderita generasi berusia lebih tua. 

Dokter Tirta menjelaskan, gaya hidup akan menentukan kondisi kesehatan seseorang, terutama bagaimana seseorang melakukan kegiatannya sehari-hari. Asupan makanan yang seimbang, olah raga, dan tidak kalah penting kesehatan mental, adalah tren yang perlu diterapkan secara konsisten agar dapat meraih hidup berkualitas. 

“Sehat adalah hal utama, menjaga kesehatan fisik dan mental secara rutin tidak memandang usia, jadi jika dilakukan mulai dari usia muda, akan semakin baik,” kata dr. Tirta.

Menjaga pola hidup sehat untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan sejahtera, tentunya tak lepas dari faktor finansial yang harus juga sehat dan disiapkan sejak dini. Persiapan dan perencanaan keuangan yang tepat, akan membantu kita mencapai tujuan hidup yang telah dibuat. 

Ketika sudah memiliki rencana masa depan yang dituju dan sudah memahami produk keuangan apa yang tepat untuk mewujudkan rencana tersebut, maka dibutuhkan komitmen untuk konsisten dengan upaya pencapaiannya.

Siapkan tabungan dan dana darurat harus dipertimbangkan

Samuel Ray, Praktisi FIRE dan Frugal Living menjelaskan, pengetahuan mengenai piramida kebutuhan dan pengelolaan risiko adalah salah satu faktor yang harus dimiliki untuk mencapai tujuan finansial secara optimal. Selain menghitung pemasukan dan pengeluaran, menyiapkan tabungan dan dana darurat, yang harus dipertimbangkan dan diputuskan secara tepat adalah memiliki perlindungan asuransi. 

“Asuransi jiwa dan kesehatan akan meminimalisir terganggunya kondisi finansial jika sewaktu-waktu terjadi risiko dalam kehidupan,” Samuel Ray.