EmitenNews.com - PT HK Metals Utama (HKMU) akan mencari pengendali baru. Itu setelah ditinggal PT Hyamn Sukses Abadi (HSA), pengendali saham lawas perseroan. Setelah itu, perseroan kesulitan menjalin komunikasi dengan HSA.


”Perseroan berinisiatif mengajukan kembali ke HSA untuk bersedia kembali menjadi pengendali melalui surat tertulis,” tutur Direktur HK Metals Utama Pratama Girindra, Senin (21/3).


HK Metals, telah mengirimkan surat tertulis sejak 23 Februari 2022. Dalam surat itu, HK Metals menyampaikan permohonan kepada HSA untuk kembali menjadi pengendali perseroan. Surat dikirim perseroan sesuai alamat domisili HSA melalui jasa ekspedisi. 


Sayangnya, pada 11 Maret 2022, informasi dari jasa ekspedisi surat tersebut kembali dengan keterangan sudah tidak beroperasi. Pendeknya, sejumlah upaya telah dilakukan perseroan untuk membangun kembali komunikasi dengan HSA tidak mendapat tanggapan. ”Karena kesulitan dalam komunikasi itu, kemungkinan besar HSA tidak berencana menjadi pengendali perseroan kembali,” ucapnya.


Selanjutnya, HK Metals akan fokus dengan calon pengendali baru lain. Per 31 Januari 2022, HSA sebagai pengendali HK Metals melepas seluruh kepemilikan saham di perseroan. Efeknya, HK Metals tidak memiliki pengendali. Kondisi itu, menjadi perhatian BEI, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdasar hasil audiensi dengan OJK, HK Metals berinisiatif mengajukan kembali ke HSA untuk bersedia kembali menjadi pengendali melalui surat tertulis. (*)