EmitenNews.com - PT Griptha Putra Persada Tbk (GRPH), calon emiten yang bergerak di bidang Hotel Bintang, Restoran, dan MICE ini berencana untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui penawaran umum perdana saham atau IPO (Initial Public Offering).

Dalam aksi ini, perseroan melepas sebanyak 20 persen sahamnya ke publik atau sebanyak-banyaknya 200 juta saham baru.

Adapun harga penawaran final telah ditetapkan yaitu sebesar Rp103 per lembar sahamnya, dalam penawaran awal saham, perseroan menetapkan rentang harga sebesar Rp 100-Rp 105 per lembar. maka dari itu, dari harga yang ditetapkan, perseroan berpotensi meraup dana segar sebanyak Rp20,6 miliar. 

Adapun masa penawaran sebelumnya sudah dilakukan perseroan pada 12 Januari 2024 hingga 16 Januari 2024. Pada aksi korporasi ini, perseroan memilih PT Elit Sukses Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Untuk tujuan perhitungan harga penawaran saham pada pasar perdana, GRPH menggunakan proses penawaran awal (bookbuilding) yang dimulai pada tanggal 20–28 Desember 2023 agar dapat diketahui minat dari investor atas saham yang ditawarkan oleh Perseroan. 

Direktur Utama PT Elit Sukses Sekuritas, Effendy Irawan mengatakan bahwa harga penawaran untuk saham ini ditentukan oleh hasil kesepakatan dan negosiasi pemegang saham, perseroan dan penjamin pelaksana emisi efek. 

"Dengan mempertimbangkan jumlah permintaan terbanyak yang diterima oleh penjamin pelaksana emisi efek selama masa penawaran awal, maka berdasarkan kesepakatan antara penjamin pelaksana emisi efek dengan perseroan ditetapkan harga penawaran sebesar Rp 103 dan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor,” katanya Effendy dalam keterangan resmi, Jumat (12/1/2024).

Menurut Effendy faktor tersebut yakni kondisi pasar pada saat bookbuilding dilakukan dengan mempertimbangkan rasio-rasio perusahaan sejenis yang telah tercatat di BEI. Termasuk perhitungan pada Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV).