EmitenNews.com - Nilai investasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tercatat Rp1,6 triliun selama triwulan I Tahun 2023. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Babel) mencatat nilai investasi itu, lebih rendah jika dibanding nilai investasi pada triwulan yang sama pada 2022 yaitu mencapai Rp1,8 triliun. Terjadi penurunan investasi karena melemahnya harga komoditas ekspor, timah dan sawit.

 

Dalam keterangannya yang dikutip Kamis (1/6/2023), Kepala DPMPTSP Babel Darlan di Pangkalpinang, mengatakan, nilai investasi pada triwulan I Tahun 2023 tercatat Rp1,6 triliun. Target hingga akhir tahun mencapai Rp21 triliun.

 

Nilai investasi Rp1,6 triliun pada triwulan I Tahun 2023 itu, tercatat lebih rendah jika dibanding nilai investasi pada triwulan yang sama pada 2022 yaitu mencapai Rp1,8 triliun.

 

"Penurunan investasi ini terjadi karena melemahnya harga komoditas ekspor seperti timah dan sawit, namun kita tetap optimistis bisa mencapai target hingga akhir tahun," ujarnya.

 

Penurunan investasi itu, dikuatirkan berpengaruh terhadap laju perekonomian daerah karena ekspor yang turun akan membuat investasi dan pertumbuhan ekonomi juga ikut menurun.

 

"Justru itu, kita terus berupaya untuk menaikkan nilai investasi dengan membuka pintu bagi para investor untuk menanamkan modal di berbagai bidang usaha," ujar Darlan. ***