EmitenNews.com—Pengetatan Federal Reserve akan sangat membebani aliran modal bersih ke pasar negara berkembang (EM) tahun ini, tetapi Fitch Ratings memperkirakan arus akan pulih pada 2024 karena Fed mulai memangkas suku bunga kebijakan dan pertumbuhan EM relatif terhadap ekonomi maju membaik. 

 

Laporan ini melihat tren terkini dalam aliran modal swasta bersih, menganalisis 10 EM besar yang tercakup dalam Global Economic Outlook (GEO) kami. Analisis ini berfokus pada ukuran agregat yang mengecualikan China karena aliran negara tersebut mengerdilkan arus ke negara EM lainnya. 

 

Arus modal bersih ke negara-negara berkembang di luar Tiongkok (EM9) turun tajam tahun lalu dan minus USD120 miliar (-2% dari PDB EM9) hampir sama lemahnya dengan yang tercatat selama Krisis Keuangan Global (GFC). 

 

Bahkan ketika dinyatakan sebagai bagian dari PDB EM9, arus bersih juga sangat lemah. Arus Keluar Rusia Mempengaruhi Tindakan Agregat Namun, kelemahan tahun lalu sangat terdistorsi oleh penurunan tajam dalam arus modal bersih ke Rusia yang mencerminkan perang di Ukraina dan peningkatan arus keluar modal Rusia. 

 

Mengabstraksi dari distorsi yang signifikan ini dengan mengecualikan China dan Rusia dari ukuran agregat berarti aliran bersih tahun lalu positif. Secara umum, aliran bersih pada tahun 2022 kurang lebih sejalan dengan aliran rata-rata yang terlihat setelah taper tantrum pada tahun 2013 meskipun memburuk dari tahun 2021.