EmitenNews.com - United E-Motor TX3000 terbukti bukan sekedar motor listrik biasa. Tipe motor listrik adventure rilisan PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD) itu, telah mengikuti rangkaian uji coba ketahanan dan kekuatan, di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Senin (30/9/2024).

Kekuatan dan ketahanan United E-Motor TX3000 digelar dan diikuti oleh sejumlah personil dari tim Research & Development UNTD yang berkolaborasi dengan salah satu pebalap motor nasional, M. Iqbal Arifuddin. Berbagai pengukuran dilakukan untuk memperoleh output yang maksimal.

Dalam rilis yang diterima Kamis (3/10/2024), M. Iqbal Arifuddin mengungkapkan, setelah melalui serangkaian tes dan beberapa penyesuaian, hasilnya sangat baik. “Jujur, saya kagum dengan TX3000 karena durability-nya ok banget.”

Pengujian dilakukan dengan mengetes kecepatan dan ketangkasan United E-Motor TX3000 mengitari lintasan sirkuit sebanyak total 35 lap. Hasil yang ditunjukkan sangat impresif, dengan average lap time tercatat 01:21,9. 

Temperatur pada controller dan BCU (Battery Control Unit) terbukti sangat aman, walau pengetesan dilakukan dalam kondisi cuaca panas dan dalam kecepatan tinggi. 

Kondisi tersebut dapat tercapai karena adanya sistem air flow yang sangat baik untuk mendinginkan komponen-komponen yang penting pada dinamo TX3000. Hal ini membuktikan bahwa dinamo TX3000 ini memiliki durabilitas yang sangat baik walau dalam kondisi yang cukup ekstrim.

“Hasil endurance test TX3000 sangat memuaskan. Bisa dibilang motor ini bukan sekedar motor listrik biasa, karena ketahanannya teruji dengan baik,” ungkap Head of Marketing Communication UNTD, Meilany Suryanata lewat keterangan resminya.

Rencananya, uji coba kedua dijadwalkan pada hari Senin, 7 Oktober 2024 masih berlokasi di Sirkuit Internasional Sentul.

Rangkaian pengujian United E-Motor TX3000 merupakan sebuah persiapan untuk mengikuti gelaran One Make Race, ajang balap motor listrik yang diselenggarakan oleh United E-Motor pada 12 & 13 Oktober 2024 di Sirkuit Internasional Sentul. Perlombaan ini sangat istimewa sekaligus bersejarah karena merupakan balapan motor listrik pertama yang digelar di Indonesia.

Di ajang ini, akan dilombakan 4 kelas yang keseluruhannya menggunakan motor listrik dari United E-Motor, yaitu kelas TX300, MT1500, MX1200 serta kelas gabungan Avand SC 121 & SC 122. Keseluruhan kelas akan diikuti oleh para pebalap motor profesional.

One Make Race diselenggarakan bersamaan dengan balap motor konversi yang dimotori oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI). (Eko Hilman). ***