EmitenNews.com - Jasad Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) ditemukan. Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu, hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022) siang. Jenasahnya ditemukan 2 pekan kemudian, di bendungan Engehalde yang berada di Bern, Swiss pada Rabu (8/6/2022) pagi. Kabar itu dikonfirmasi kepolisian Bern seperti dilaporkan laman resmi kepolisian setempat (https://www.police.be.ch/).


Polisi Bern, Swiss, mengatakan telah menemukan orang hilang di Sungai Aare. Orang hilang itu disebut sebagai seorang warga negara Indonesia (WNI) ditemukan dalam kondisi tewas.


"Pada Rabu pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di Bendungan Engehalde di Bern. Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022." Demikian keterangan dari Polisi Bern, Kamis (9/6/2022).


Tim ahli dari kepolisian maritim Bern yang menemukan jasad Eril pada cekungan bendungan, kemudian melakukan evakuasi. Polisi kemudian memastikan bahwa, sosok tersebut sudah tak bernyawa ketika ditemukan.


Laporan itu menyebutkan, dari investigasi forensik, diketahui bahwa jasad yang meninggal adalah warga negara Indonesia yang dilaporkan hilang di Aare sejak 26 Mei 2022. "Pria berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini."


Kita tahu, laki-laki yang hilang pada 26 Mei 2022 itu anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril. Eril bersama Ibunya, dan adik perempuannya berada di negara itu, untuk mencari perguruan tinggi bagi Eril yang akan melanjutkan pendidikan S2 di sana.


Ridwan Kamil yang saat itu berada di Inggris untuk kunjungan kerja, segera berangkat ke Swiss begitu mengetahui insiden yang menimpa putranya. Kang Emil ikut memantau pencarian Eril yang dilaksanakan pihak kepolisian Swiss, selama beberapa hari, sampai akhirnya ia dan keluarga harus kembali ke Tanah Air.


Pencarian intensif dilakukan, dengan berbagai metode untuk melacak keberadaan Eril. Mulai dari melibatkan tim penyelam, drone hingga anjing polisi.


Meski sudah kembali ke Tanah Air, proses pencarian anak Ridwan Kamil itu kemudian terus dilakukan oleh polisi Bern, dengan metode jalan kaki dan menggunakan perahu. Selain itu, pencarian dilakukan dengan menggunakan drone.


Pihak keluarga kemudian menyatakan Eril telah meninggal setelah kurang lebih sepekan pencarian belum membuahkan hasil. Ridwan Kamil dan keluarga juga telah menggelar salat gaib untuk Eril. ***