EmitenNews.com - Emiten Properti, PT Indonesian Paradise Property Tbk (IDX:INPP) menargetkan kenaikan pendapatan sebesar 20% di tahun 2023. Target angka tersebut berlandaskan kinerja Perusahaan yang kuat sepanjang tahun 2023 dan prospek positif di tahun 2024.

 

Berdasarkan Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan berada di kisaran 5% pada tahun 2024, cukup tinggi dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik. Konsumen juga diprediksi akan memprioritaskan pengeluaran mereka untuk pariwisata dan bepergian pasca pandemi.

 

Bisnis ritel di Indonesia juga diperkirakan akan tumbuh lebih kuat pada tahun 2024, ketua APRINDO, Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia, memperkirakan pertumbuhan sebesar 4-4,3% pada tahun 2024 meskipun ada tantangan dari pemilu mendatang. Berbagai faktor tersebut menunjukkan kemungkinan besar INPP mencapai pertumbuhan positif pada tahun 2024.

 

Presiden Direktur INPP Anthony P Susilo menjelaskan, "Sejauh ini, tahun 2023 telah menjadi tahun yang sangat baik bagi kami, dengan peningkatan 42% dalam pendapatan berulang kami. Kami optimis melaporkan bahwa kami tetap on track dengan target 2023. Pertumbuhan yang kuat yang dialami pada 9M23 dapat dikaitkan dengan pemulihan yang kuat di sektor Perhotelan dan Komersial, terutama sebagian besar aset strategis kami yang terletak di Bali, yaitu tujuan utama wisatawan. Selain itu, Penjualan Properti telah menunjukkan peningkatan tiga kali lipat yang kuat. Ke depan, kami yakin bahwa prospek untuk 4Q23, khususnya selama musim liburan, akan terus positif dan berkontribusi pada peningkatan aktivitas perhotelan dan komersial."

 

INPP telah membangun kehadiran yang kuat di Indonesia selama 21 tahun terakhir, setelah membangun berbagai destinasi gaya hidup komersial, residensial, dan perhotelan yang ikonik seperti Plaza Indonesia di Jakarta, beachwalk shopping center di Bali, dan 23 Paskal Shopping Center di Bandung.

 

Sepanjang 2023 INPP telah menyelesaikan pembangunan Antasari Place pada Mei 2023, di mana jadwal serah terima (handover) dijadwalkan selesai ada tahun 2024. Hyatt Place di Makassar, yang berfokus pada sektor perhotelan, diperkirakan akan selesai pada 4Q23 ini. Selain itu, beberapa proyek menarik lainnya yang sedang berjalan, seperti proyek perluasan 23 Paskal Bandung dan proyek 23 Semarang, yang keduanya diprediksikan rampung pada tahun 2025.

 

INPP memiliki keunikan dibandingkan pengembang lain karena kemampuannya dalam menghasilkan pendapatan berulang (recurring income) yang membuat mereka lebih fleksibel dalam merespons perubahan suku bunga serta fluktuasi lain yang biasanya menjadi momok bagi perusahaan pengembang.