EmitenNews.com -PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) merespons positif perkembangan industri game di Tanah Air, karena diyakini turut mendongkrak penjualan produk laptop perseroan.

 

Michael Sugiarto, Direktur Utama AXIO, mengatakan industri gaming di Indonesia mempunyai peluang cukup baik dengan tingkat pertumbuhan sangat pesat dan konsisten sejak beberapa tahun terakhir.

 

Kementerian Kominfo mencatat jumlah orang menyukai game di Indonesia lebih dari 170 juta orang, yang artinya lebih dari setengah penduduk di Indonesia adalah gamer.

 

"Kami dapat melihat dengan jelas dari makin banyaknya jumlah gamers mayoritas didominasi remaja. Kami juga mendapatkan data dari Statistika yang memprediksi industri game di Indonesia akan tumbuh secara tahunan di angka 7%, dengan permainan jenis action, role-playings dan strategi akan menjadi segmen yang paling favorit dengan proyeksi nilai pendapatan tertinggi," ujar Michael dalam keterangannya, Selasa (8/8).

 

Diakui bahwa untuk saat ini market gaming masih didominasi mobile gaming daripada menggunakan laptop. Namun demikian manajemen melihat tren kenaikan pada tahun-tahun mendatang dan akan terjadi tren migrasi user dari mobile gaming ke PC atau laptop.

 

"Belakangan ini kami melihat tidak banyak pengembangan pada game mobile, bahkan banyak game baru mobile yang diluncurkan hanya melakukan recycle di mana game baru ini hanya merubah grafis atau tampilan, tetapi tetap menggunakan core engine (konsep gameplay) yang sama," ulasnya.

 

Atas kondisi itu, Michael menilai stagnasi pada game mobile membuat gamer bosan dan ingin mencoba game yang baru. Selain market game, pihaknya juga melihat adanya pertumbuhan di area desain grafis dan content creator.

 

"Dengan perkembangan internet di Indonesia seperti media sosial dan digital marketing, akan semakin banyak profesi yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi sebagai alat kerja," papar dia.

 

Ditegaskan bahwa Axioo akan terus meluncurkan laptop gaming dengan inovasi dan teknologi terbaru, "Bulan lalu kami meluncur dua varian laptop Pongo 960 dan Pongo 760, dan sebelum akhir tahun ini Axioo akan meluncurkan beberapa varian laptop Pongo lainnya," kata dia.