EmitenNews.com - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) mendorong hilirisasi pada sektor yang berkaitan dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo mencontohkan hilirisasi pada sektor pertanian, yang dapat memasok kebutuhan konsumsi masyarakat sekaligus menunjang keberlangsungan UMKM. 

 

"Mengenai hilirisasi, memang hilirisasi pertambangan itu penting. Tapi kemudian ISEI banyak mendorong hilirisasi pertanian dan pekebunan, dan sekaligus dikaitkan dengan UMKM," kata Perry Warjiyo dalam konferensi pers menjelang Sidang Pleno ISEI ke-23 di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

 

Menurut Perry Warjoyo, hilirisasi sektor pertanian, dan perkebunan dapat memasok kebutuhan konsumsi masyarakat sekaligus menunjang keberlangsungan UMKM. Hasil dari proses hilirisasi menjadi salah satu kebutuhan untuk mengembangkan UMKM, sehingga yang diproduksi tidak hanya terjadi di hulu, namun juga diproses serta dikaitkan dengan UMKM.

 

“Kalau hilirisasi yang besar-besar, yang industri tidak cukup dari produksi untuk ditingkatkan ke industri, tapi juga perlu berkaitan dengan sistem logistik nasional. Karena ini berkaitan dengan perdagangan dan investasi internasional," ujar Perry Warjiyo yang juga Gubernur Bank Indonesia. ***