EmitenNews.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) telah melepas 30,18% saham di PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) kepada tiga investor baru. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk mengurangi porsi utang atau deleveraging.

JSMR menjual 6,2 miliar lembar saham JTT kepada PT Margautama Nusantara (MUN), PT Metro Pacific Tollways Indonesia Services (MPTIS), dan Warrington Investment Pte. Ltd. (WIPL), dengan total nilai transaksi mencapai Rp12,82 triliun, sesuai keterangan resmi dari manajemen JSMR pada Selasa (1/10).

Selain divestasi saham, JTT juga menerbitkan 1,2 miliar lembar saham baru yang dibeli oleh MUN, MPTIS, dan WIPL, dengan nilai transaksi sebesar Rp2,5 triliun. Akibatnya, kepemilikan saham JSMR di JTT terdilusi dari 99% menjadi 65%. Sementara itu, MUN kini memiliki 20,3% saham, MPTIS 10,46%, dan WIPL 4,24%.

Manajemen JSMR menyatakan, dana hasil divestasi ini akan digunakan untuk mengurangi porsi utang di level induk guna menjaga rasio utang perseroan. Sedangkan dana dari penerbitan saham baru akan digunakan untuk membangun ruas tol baru yang telah direncanakan.

Sebagai informasi, pada perdagangan Selasa (1/10) pukul 10.23 WIB, saham JSMR terpantau meguat 10 poin atau 0,20% menjadi ke level Rp4.940 per saham.