EmitenNews.com - Ini kasus Mario Dandy Satriyo - Rafael Alun Trisambodo jilid 2. Penganiayaan oleh Aditya Hasibuan terhadap seorang mahasiswa berujung pada pemeriksaan terhadap orang tuanya, AKBP Achiruddin Hasibuan. Aditya sudah ditetapkan sebagai tersangka, sedangkan sang ayah, eks pejabat di Polda Sumatera Utara akhirnya dicopot, dan ditahan. Tidak cukup. Rekening keluarga perwira pertama polisi itu juga diblokir.

 

Humas Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Natsir Kongah menyebutkan, AKBP Achiruddin Hasibuan terindikasi melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). PPATK menyatakan telah memblokir rekening AKBP Achiruddin, sang istri, dan anaknya yang menganiaya mahasiswa, Aditya Hasibuan karena tengah dianalisis. 

 

“Dari rekening tersangka ada indikasi tindak pidana pencucian uang. Rekening yang diblokir itu, berisi puluhan miliar rupiah,” kata Natsir Kongah kepada pers, Kamis (27/4/2023). 

 

Belum jelas apakah dalam indikasi TPPU itu AKBP Achiruddin menggunakan nama orang lain atau nominee untuk menyamarkan uang hasil kejahatannya. Sampai kini PPATK masih terus bekerja mengulik indikasi TPPU AKBP Achiruddin. 

 

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan, analisis terhadap rekening AKBP Achiruddin telah dilakukan sebelum peristiwa penganiayaan anaknya viral di media massa. Pendalaman dilakukan dalam rentang waktu sejak Achiruddin belum menyabet pangkat AKBP. PPATK mengendus sumber uang dalam transaksi rekening AKBP Achiruddin bersumber dari perbuatan menyimpang. 

 

“Ada indikasi penyimpangan sumber dana. Nilainya sangat signifikan,” kata Ivan Yustiavandana.

 

Seperti diketahui video berisi penganiayaan oleh Aditya Hasibuan terhadap seorang mahasiswa bernama Ken Admiral viral di media sosial. Aditya tampak memukul hingga menendang kepala sang mahasiswa dengan sadis. Penganiayaan itu disebut dipicu percakapan via chat. 


Dalam rekaman penganiayaan tersebut tampak ayah Aditya, AKBP Achiruddin Hasibuan, terekam berada di lokasi. Tetapi, ia tidak tergerak mencegah, apalagi menghentikan perbuatan kriminal anaknya itu. Perwira menengah Polri itu, malah dilaporkan seperti bertindak bak pelatih tinju yang mengarahkan petinjunya sebelum naik bertarung di atas ring.

 

Tidak terlalu lama kemudian, publik enyoroti sejumlah foto yang menunjukkan AKBP  Achiruddin Hasibuan memamerkan kendaraan mewah Harley Davidson sampai mobil Rubicon. Foto-foto itu diunggah akun Instagramnya: @achiruddinhasibuan. Kedua kendaraan bernilai miliaran itu tidak tercantum di dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Achiruddin yang hanya berjumlah Rp467 juta.