Lebih lanjut, Iman mengatakan, saat ini IDX telah menyediakan 5 indeks saham terkait ESG, memberikan insentif pengurangan biaya pencatatan untuk obligasi berwawasan lingkungan, dan bekerja sama dengan lembaga penilai ESG internasional untuk melakukan penilaian ESG atas Perusahaan Tercatat di IDX. 

Selain itu, untuk mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia untuk mencapai net zero emission pada 2060 atau lebih cepat, IDX atas support penuh dari OJK dan Pemerintah meluncurkan Bursa Karbon Indonesia atau IDXCarbon pada 26 September 2023. 

 

Sejak diluncurkan hingga saat ini, IDXCarbon telah memperdagangkan lebih dari 600.000 ton unit karbon setara CO2, dengan total nilainya melebihi Rp36 miliar. 

Adapun, acara ini diharapkan dapat menghasilkan komitmen konkret dari semua pemangku kepentingan untuk memperkuat implementasi ESG di sektor bisnis Indonesia, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Tanah Air.