EmitenNews.com - Pemerintah memantapkan persiapan penyelenggaraan haji 1443 Hijriah (2022 Masehi). Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Saiful Mujab memastikan, Asrama Haji Pondok Gede siap memberikan layanan untuk jemaah. Kemenag telah merilis daftar nama jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun ini. Silahkan cek melalui laman www.haji.kemenag.go.id. Jemaah dapat melakukan proses konfirmasi  9 - 20 Mei 2022.


Dalam siaran pers, Selasa (17/5/2022), Saiful Mujab mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pengecekan kesiapan asrama dalam menerima jemaah haji tahun 1443 H/2022 M. Pengecekan dilakukan untuk memastikan kesiapan layanan di asrama haji. Para jemaah haji dijadwalkan sudah mulai masuk asrama pada 3 Juni 2022. Untuk itu, dia memastikan, semua sudah siap.


"Selain pengecekan fisik bangunan dan fasilitas, kita juga melakukan pengecekan kesiapan SDM yang bertugas melayani jemaah," katanya, ditemani Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz dan Tenaga Ahli Menteri Agama Hasan Sagala. Ikut mendampingi dalam peninjauan tersebut, Kepala UPT Asrama Haji Pondok Gede, Munib Maksum.


Ada lima gedung yang akan digunakan jemaah, yaitu gedung D1, D2, D3, D4, dan E. Sebagai langkah antisipasi, juga disiapkan gedung cadangan bagi jemaah, dalam hal ini gedung A, B, dan C.


Sementara itu Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama telah merilis daftar nama jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun 1443 H/2022 M. Daftar tersebut bisa diakses melalui laman www.haji.kemenag.go.id.


"Alhamdulillah, proses verifikasi daftar nama jemaah haji regular sudah selesai. Saya sudah terbitkan Keputusan Dirjen PHU terkait itu. Daftar nama tersebut sudah diumumkan dan dikirim ke Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia untuk segera ditindaklanjuti," kata Dirjen PHU Hilman Latief di Jakarta, Minggu (8/5/2022).


Menurut Hilman Latief, proses verifikasi dilakukan untuk memastikan seluruh jemaah yang berangkat memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak Arab Saudi, yaitu: berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per 30 Juni 2022 serta sudah menerima vaksinasi Covid-19. Jemaah dapat melakukan proses konfirmasi  9 - 20 Mei 2022.


"Saya minta, jemaah yang sudah ditetapkan berhak berangkat tahun ini segera mempersiapkan diri dengan baik. Jangan lupa melakukan konfirmasi keberangkatan pada bank tempat mendaftar," urai Hilman Latief. ***