EmitenNews.com - Pekerjaan adalah tempat kita mencari penghasilan dan bagian penting dari hidup, oleh karenanya tidak boleh dipisahkan kehidupan, melainkan diintegrasikan dengan cara yang memungkinkan kelancaran dan keseimbangan di antara keduanya.


Alih-alih mengikuti aturan tradisional "nine to five", baiknya berhenti sejenak dan cari keseimbangan antara pekerjaan dan bagian lain dalam hidup. Jika Kawan EmiteNews mendapati diri dalam tindakan penyeimbangan yang sulit antara apa yang dilakukan untuk uang dan apa yang dilakukan untuk hal lain, berikut kiat hidup berdamai dengan pekerjaan.


1.Bawa sedikit "kehidupan" ke dalam hari kerja.

Tidak mungkin untuk menghilangkan pekerjaan dari kehidupan non-kerja setiap harinya. Tetapi ada sesuatu yang dapat Kawan EmiteNews lakukan, yaitu menyuntikkan potongan-potongan kehidupan non-kerja ke dalam hari-hari kerja, seperti menaruh beberapa foto teman dan keluarga di meja kerja, berjalan-jalan sejenak di luar kantor, memutar musik favorit, dan/atau pergi ke kafe untuk membeli minuman kesukaan.


Penting untuk mengingat bahwa Kawan EmiteNews adalah orang yang utuh di luar urusan kerja. Ini akan membantu kita menjalani hidup sedikit lebih seimbang dan nyaman selama hari-hari kerja yang terasa tidak pernah berakhir.


2.Atur rutinitas pagi yang menghormati nilai-nilai non-kerja.

Tidak kalah penting adalah menikmati 'me time' di pagi hari sebelum hari kerja dimulai. Menyeduh kopi panas ditambah kue sambil menghirup udara segar pagi hari dapat membuat hati senang dan menjadi penentu emosi Kawan EmiteNews ketika bekerja. Dengan mempersiapkan minuman sendiri membuat kita dapat hemat tanpa mengeluarkan uang lebih untuk belanja di luar.


Luangkan sedikit me time untuk menyegarkan diri di pagi hari dan fokus pada diri sendiri sebelum mengaktifkan mode kerja, dan kemungkinan Kawan EmiteNews akan merasa jauh lebih rileks sepanjang hari.


3.Sediakan ruang untuk hal-hal di luar pekerjaan setiap harinya.

Umumnya, senin - jumat adalah waktu untuk bekerja, dan akhir pekan untuk bersenang-senang. Namun, memberi ruang untuk melakukan hal-hal yang membawa kegembiraan di waktu kerja membuat Kawan EmiteNews dapat mendistribusikan kesenangan kerja dan hidup setiap hari.


Hal-hal sederhana dapat dilakukan seperti pergi ke toko buku, melakukan gym, dan menikmati waktu bersama pasangan atau teman.


4.Jadwalkan waktu untuk melakukan pekerjaan di rumah.

Sangat mudah untuk membaca saran yang mengatakan "patuhi jam kerja yang Anda tetapkan dan jangan membawa pulang pekerjaan apa pun," tetapi jelas lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Ditambah pandemi covid-19, tidak realistis jika kita dapat meninggalkan pekerjaan kantor sepenuhnya setiap malam.


Solusinya, berikan diri kita waktu sekitar 60 hingga 90 menit di malam hari untuk pekerjaan. Jika tidak memiliki pekerjaan, dapat diganti dengan aktivitas pribadi lainnya. 

Dengan menetapkan jadwal, Kawan EmiteNews dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dan menikmati waktu santai sejenak sebelum melanjutkan pekerjaaan. 


Akan menjadi hal yang tidak baik jika kita menyiapkan laptop di meja makan untuk melakukan pekerjaan, sementara kita menikmati makan malam secara bersamaan.


5.Tentukan ruang "kerja" dan " kehidupan pribadi" di rumah.