EmitenNews.com -Pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2023, di Café Wangsa Kemang, sebuah komunitas yang mencintai budaya Indonesia dan baru terbentuk beberapa pekan lalu, mencanangkan kelahiran dan komitmennya kepada seni budaya Indonesia dengan mempersembahkan beberapa tarian Bali yang baru dipelajari oleh para anggotanya.


Komunitas yang dinamakan SlarasBudaya adalah wadah untuk semua pecinta budaya Indonesia, baik tari, musik, kerajinan, dan yang lainnya, untuk belajar kesenian budaya Indonesia. Diinisiasi oleh Pritha Nandini, dibantu beberapa teman yang sepikiran dan seide dan sibuk di belakang layar. Berlatih pertama kali pada tanggal 29 Maret di area Bekasi, di tempat salah seorang teman. Tak lama berselang, peserta bertambah dan menjadi semakin banyak.


Cita citanya, semoga komunitas ini menjadi rumah untuk Kita semua belajar kesenian dan melestarikan budaya Indonesia. Tidak ada batasan usia, tidak perlu harus bisa sebelumnya, dan tidak ada sekat usia, status sosial, pertentangan agama, ras, suku, kepentingan politik dll, selain dari pelestarian budaya dan persaudaraan. “Yang penting mau nari bukan bagus nya, karena bagus akan terbentuk kemudian. Menimbulkan kemauan itu gak mudah lho, selanjutnya timbul percaya diri. Kalau udah pede khan akan bagus dengan sendirinya” ujar Pritha lebih lanjut.


Pritha yang sebagian waktunya berada di luar negeri, mempercayakan SlarasBudaya kepada temannya, Arke Nurdjatni yang turut membidani komunitas ini sejak awal. “Yuuk gabung, terutama untuk mereka yang tinggal di area jakarta timur. Latihan kami di Kali Malang setiap Sabtu pagi”, kata Arke menambahkan.


Pada kesempatan tersebut, Komunitas ini mempersembahkan Tari Puspanjali sebagai pembuka yang kemudian diikuti kemudian oleh Tari Rejang Sari. Kedua tarian tersebut berasal dari daerah Bali yang dibawakan oleh sebagian anggota Komunitas SlarasBudaya yang baru Latihan beberapa kali.