EmitenNews.com -IHSG justru uji level psikologis 7200 di Kamis (25/1). Stochastic RSI bergerak turun dengan validasi death cross pada MACD. Akan tetapi, volume transaksi kembali turun. 

“Dengan demikian, belum ada validasi minor bearish reversal dan IHSG diperkirakan masih sideways di kisaran 7200 di akhir pekan ini (26/1),” kata Valdy Kurniawan Head Of Research Phintraco Sekuritas

Kondisi ini dipengaruhi oleh berlanjutnya pelemahan nilai tukar Rupiah ke Rp15,820 (+0.73%) di Kamis (25/1) sore. Pelemahan tersebut sejalan dengan perubahan pandangan pasar terhadap peluang pemangkasan sukubunga the Fed di Maret 2023. 

Pasar kembali ke keyakinan di akhir tahun lalu dimana pemangkasan sukubunga acuan pertama oleh the Fed diperkirakan paling cepat terjadi di 1 Mei 2024.

Akan tetapi, saham-saham energy dan basic materials menunjukan pergerakan menyusul keputusan PBOC untuk memperbolehkan bank menyimpan reserves yang lebih kecil (stimulus moneter) mulai 5 Februari 2024.

Dengan kondisi seperti itu maka Valdy merekomendasikan top picks di Jumat (26/1) meliputi PTBA, ITMG, PGAS, MEDC dan ELSA.