EmitenNews.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menyiapkan perang melawan mutasi virus corona dari Inggris. Virus yang beberapa waktu lalu ditemukan di negara Ratu Elizabeth itu, kini sudah merambah ke Indonesia. Konsep tersebut membutuhkan penanganan yang strateginya harus melibatkan semua pihak, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah lain, swasta, masyarakat bahkan negara lain.


Dalam keterangannya kepada pers, Selasa (2/3/2021), Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengunglumnya Indonesia hanya menjadi supplier bahan mentahnya saja, sekarang Indonesia bertekad untuk menjadi produsen produk jadi. Kira-kira, bagaimana dampak ke depannya?


Kronologi Pembentua selesai segera. Karena, itu membutuhkan waktu dan kesabaran bersama.


“Kami sarankan masyarakat tetap tenang, sabar dan terus menerapkan protokol kesehatan. Jadi masalah wabah tentu dan akan membentuk perusahaan joint venture. Sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan multinasional yang berkontak dengan pemerintah Indonesia seperti: CATL, LG Chem, hingga Tesla. Diperkirakan, total investasi yang bisa masuk ke Indonesia melalui industri baterai ini dapat mencapai Rp 238 triliun.


Shifting in lifestyle: Mobil Bensin menjadi Mobil Listrik


Pemerintah begitu gencar untuk merealisasikan terjadinya ekosistem produksi baterai seiring dengan pertumbuhan penjualan mobil listrik ke depannya. Dilansir dari BloombergNEF, jumlah mobil listrik sekarang hanya berjumlah sekitar ±2.7% dari total kendaraan, di mana sisanya hampir ±98% adalah mobil dengan menggunakan bahan bakar fosil. Namun, seiring dengan perkembangan dan penetrasi penggunaan mobil listrik, kontribusi mobil listrik akan menjadi ±28% dari total kendaraan pada tahun 2026nbsp;Menjadi pemain global dalam material katoda baterai

Pemerintah juga menargetkan unutk men2C atau UK (United Kingdom) mutatifiknya ferronickeldan bipasar bebas, karena INCO memiliki perjanjian “harus beli”, di mana VCL dan SMM yang akan menjadi pembeli produk nickel-in matteyang diproduksi INCO. Singkatnya, berapapun nickel in-matteyang diproduksi oleh INCO, akan tetap dibeli VCL dan SMM dengan proporsi masing-masing 80% dan 20%.

Pertanyaannya%plai bahan bakunya ke IBH.Jadi, boleh terhadap produksi baterai listrik yang diinisiasikan oleh pemerintah? Tidak, untuk sekarang. Dan, apakah INCO akan mendapatkan keuntungan dari produksi baterai listrik? Ya, dikarenakan peningkatan produksi baterai listrik berarti bahwa adanya peningkatan penggunaan nikel, di mana peningkatan penggunaan nikel akan meningkatkan harga nikel, dan ujung-ujungnya meningkatkan pendapatan INCO. 


Sekilas tentang INCO dan ANTM

Sentimen mobil listrik dan peningkatan produksi baterai listrik dalam beberapa bulan terakhir ini menjadi katalis utama dalam meningkatkan harga saham ANTM dan INCO. Tercatat sejak awal tahun, saham ANTM sudah naik sebesar 245.24% (lebih dari 2-bagger), dan INCO sendiri sudah naik sekitar 80%.

Mari kita lihat valuasinya secara singkat saja menggunakan rasio sederhana seperti P/E dani itu, Wagub DKI Ahmad Riza Patria mengungkapkan, belum ada rencana untuk mengetatkan kembali kegiatan masyarakat seperti di awal PSBB pada April 2020. Pemprov DKI masih mengikuti kebijakan pemerintah pusat yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Ia berpesan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan prinsip 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman. ***