EmitenNews.com - Jalan tol Manado-Bitung seksi IIB Danowudu-Bitung akan dibuka gratis menjelang liburan natal dan tahun baru. Ini bagian dari semangat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut), dan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


"Pemprov Sulut akan mengeluarkan edaran bahwa tanggal 23 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 masyarakat bisa memanfaatkan jalan tol Manado-Bitung seksi IIB Danowudu-Bitung, tidak berbayar," kata Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, di Manado, Rabu (22/12/2021).


Saat meninjau lapangan bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gubernur Olly melihat bahwa jalan tol Manado-Bitung seksi IIB Danowudu-Bitung sudah bisa dioperasionalkan. Terutama dalam rangka melayani masyarakat saat natal dan tahun baru.


Gubernur bersama Forkopimda Sulut, Pemerintah Kota Bitung, dan instansi terkait meninjau ruas tol seksi IIB Danowudu-Bitung yang hampir selesai 100 persen.


Manakala ruas tol Manado-Bitung seksi IIB Danowudu-Bitung sudah operasionalkan, Olly Dondokambey meyakini akan mengurai kemacetan yang terjadi ruas jalan arteri saat nataru. Pemprov juga akan mengeluarkan edaran bagi kendaraan dengan tonase berat seperti kontainer dapat memanfaatkan ruas tol ini, gratis.


"Jadi kendaraan kontainer yang dari Bitung menuju Manado dan Airmadidi harus lewat jalan tol, tidak ada tarif. Jadi kita akan bekerja sama dengan Polda dan Dinas Perhubungan akan keluarkan edaran tersebut," kata Bendahara Umum PDI Perjuangan itu.


Menurut Gubernur Olly, ketika ruas tol ini sudah bisa dioperasionalkan, selain mengurai kemacetan maka akan meminimalisasi kecelakaan saat nataru. ***