EmitenNews.com - PT Mahakam Coal Terminal (MCT), anak usaha dari PT Ancara Logistic Indonesia Tbk (ALII), berencana melunasi sisa kewajiban senilai USD20,82 miliar lebih awal dari jatuh tempo (voluntary prepayment). Kreditur MCT terdiri dari OCP Asia Fund IV (SF 1) Pte Limited dan OCP Asia Fund V (SF 1) Pte Limited.

Berdasarkan keterangan resmi pada Kamis (3/10), manajemen ALII mneyebutkan bahwa sumber dana untuk pelunasan awal ini berasal dari penambahan modal yang diberikan oleh pemegang saham MCT, yaitu ALII, PT Ade Putra Tanrajeng (APT), PT Guruh Putra Bersama (GPB), dan Honardy Boentario (HB). Saat ini, total saham MCT tercatat sebanyak 50.000 lembar, dengan porsi kepemilikan ALII sebesar 70%, sementara APT, GPB, dan HB masing-masing memiliki 10%.

Untuk mendukung pelunasan ini, MCT akan menerbitkan 34.200 saham baru. Dari saham tersebut, 30.780 lembar akan diambil bagian oleh ALII dengan nilai setara Rp307,8 miliar, sementara 3.420 lembar akan diambil oleh Honardy Boentario dengan nilai setara Rp34,2 miliar. Total nilai aksi korporasi ini mencapai Rp342 miliar.

Sebagai informasi, MCT sebelumnya memperoleh fasilitas pinjaman sebesar US$62 juta dari OCP Asia pada 14 Juni 2023. Rencana pelunasan lebih awal ini diharapkan dapat memperkuat posisi keuangan MCT dan mengurangi beban utang jangka panjang perseroan.