EmitenNews.com - Majukan kerja sama ekonomi di antara negara-negara kawasan Indo-Pasifik, Indonesia akan menyelenggarakan Forum ASEAN Indo-Pasifik (ASEAN Indo-Pacific Forum/AIPF). Kegiatan yang direncanakan pada 5-6 September 2023 itu, merupakan program unggulan (flagship event), yang berjalan secara paralel dengan KTT ASEAN di Jakarta, 5-7 September 2023, di bawah keketuaan Indonesia tahun ini.

 

Dalam konferensi pers Forum Merdeka Barat 9, Jumat (18/8/2023), Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury menyebutkan bahwa AIPF merupakan implementasi konkret dari Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik. Tujuannya, membangun Indo-Pasifik sebagai kawasan inklusif dan kolaboratif melalui kebiasaan melakukan kerja sama.

 

"Membangun dialog positif untuk mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera," kata Pahala Mansury.

 

AIPF akan berfokus pada pembahasan sejumlah isu penting di ASEAN. Di antaranya, infrastruktur hijau, berupaya menjadi bagian dari rantai pasok global, pembiayaan berkelanjutan, digitalisasi dan ekosistem pembayaran, serta pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

ASEAN ingin mengedepankan agenda konkret yang bisa betul-betul memban bahwa manfaat konkret dari AIPF betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat ASEAN dan dunia Khususnya Indo-Pasifik, mengingat kawasan Indo-Pasifik memberikan kontribusi besar yaitu sekitar 65 persen terhadap pertumbuhan ekonomi dunia. ***