EmitenNews.com - Kabar baik bagi para pelaku bisnis UMKM. Menteri Koordinator  Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menargetkan belanja pengadaan barang pemerintah yang rata-rata mencapai Rp400 triliun per tahun untuk membeli produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Nantinya akan ada program pemerintah yang diluncurkan agar belanja pemerintah wajib membeli melalui e-katalog UMKM.


Dalam keterangannya yang dikutip Jumat (25/2/2022), Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, rata-rata per tahun pemerintah memiliki anggaran pengadaan barang hingga Rp1.170 triliun yang dapat meningkat setiap tahun. Jika  Rp400 triliun dari total belanja itu digunakan untuk membeli produk UMKM, pertumbuhan ekonomi nasional dapat bertambah 1,71 persen per tahun.


"Jadi kita hitung, kalau ada Rp400 triliun saja dibelanjakan untuk UMKM, itu akan berdampak 1,71 persen terhadap pertumbuhan ekonomi," kata Menko Luhut Binsar Pandjaitan.


Menko Luhut mewajibkan Pemerintah belanja produk dalam negeri Mulai Maret 2022. Untuk itu, mantan Kepala Staf Presiden itu mengaku telah bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk mendorong pembelian barang pemerintah melalui e-katalog UMKM yang mengkurasi produk-produk berkualitas baik.


"Ini akan menciptakan puluhan ribu UMKM dan ratusan ribu lapangan kerja karena Rp400 triliun bukan angka yang sedikit tapi setara USD35 miliar," ucapnya.


Program untuk mendorong penggunaan produk UMKM dalam pengadaan barang pemerintah segera diluncurkan. Setelah dilaksanakan akan terus dievaluasi. Program ini dapat mengoptimalkan kinerja UMKM yang sebetulnya mampu menambah pertumbuhan ekonomi hingga 3,7 persen year on year setiap tahun. ***