EmitenNews.com - Perombakan jajaran komisaris dan direksi terjadi di tubuh PT Pertamina (Persero). Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran komisaris dan direksi BUMN migas itu, melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Senin (19/9/2022). Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok, dan Direktur Utama Nicke Widyawati masih dipertahankan.


Dalam RUPS tersebut, Rida Mulyana ditetapkan menjadi Komisaris Pertamina baru menggantikan Ego Syahrial yang diberhentikan dengan hormat. Rida Mulyana adalah pejabat Sekretaris Jenderal di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sedangkan Ego Syahrial memasuki masa pensiun.


Di luar itu, Pertamina melantik Erry Widiastono sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina menggantikan Mulyono. Selanjutnya, Atep Salyadi Dariah Saputra sebagai Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina menggantikan Iman Rachman.


“Pertamina mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ego Syahrial, Bapak Mulyono dan Bapak Iman Rachman atas dedikasinya untuk Indonesia dan kontribusinya dalam pengelolaan bisnis Pertamina di tengah tantangan pandemi Covid-19. Penetapan susunan komisaris dan direksi baru Pertamina merupakan kewenangan pemegang saham, yang diputuskan dalam RUPS,” kata Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya S. Poerwadi dalam siaran pers, Senin.


Berikut jajaran Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Pertamina:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Basuki Tjahaja Purnama

Wakil Komisaris Utama: Pahala Nugraha Mansury

Komisaris: Heru Pambudi

Komisaris: Rida Mulyana

Komisaris Independen: Alexander Lay

Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf

Komisaris Independen: Iggi H. Achsien

 

Dewan Direksi

Direktur Utama: Nicke Widyawati

Direktur Penunjang Bisnis: Dedi Sunardi