EmitenNews.com -ndonesia menutup keikutsertaannya dalam Olimpiade Paris 2024 dengan hasil menggembirakan. Dengan dua medali emas, dan satu perunggu, Tim Merah Putih menempati posisi ke-39 dalam klasemen perolehan medali. Inilah posisi terbaik Indonesia dalam sejarah sejak 1992.

Dari informasi yang dikumpulkan Senin (12/8/2024), perolehan medali Indonesia tidak mengalami perubahan di hari terakhir. Indonesia tetap dengan dua medali emas dan satu medali perunggu.

Kita tahu dua medali emas dipersembahkan oleh Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi). Sedangkan medali perunggu diraih oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulutangkis.

Dari klasemen yang ada, Indonesia menempati posisi ke-39 bersama dengan Aljazair. Sama seperti Indonesia, Aljazair membukukan dua medali emas dan satu perunggu.

Data yang ada menunjukkan, Indonesia dan Aljazair berada di atas Israel (posisi 41), Polandia (42), Kazakhstan (43), dan Jamaika (44).

Di tingkat negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), Indonesia di posisi kedua. Kalah dari Filipina yang berada di peringkat pertama.

Sementara itu, juara umum Olimpiade Paris 2024 diduduki oleh Amerika Serikat. AS memenangi persaingan sengit dengan China yang harus rela turun ke posisi kedua.

AS memastikan keluar sebagai juara umum setelah kemenangan yang diraih timnas basket putri mereka atas Prancis. AS berhak atas medali emas usai menang tipis 67-66.

Amerika di tempat pertama dengan meraih 40 emas, 44 perak, dan 42 perunggu. China yang berada di posisi kedua dengan 40 emas, 27 perak, 24 perunggu. ***