EmitenNews.com -  Pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) milik PT Sariguna Primatirta (CLEO) atau Tanobel resmi beroperasi di Ibukota Nusantara (IKN). Anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) emiten konglomerasi Tancorp, Hermanto Tanoko, itu menembus Rp300 miliar.

Itu diketahui dari bocoran unggahan akun media sosial Instagram resmi perusahaan. “Tanpa basa-basi, produsen AMDK Tanobel, Sariguna Primatirta (CLEO) telah beroperasi di IKN pada akhir 2023,” tulis unggahan di akun Tancorp.id, dikutip Rabu (27/12).

Adapun seluruh dana capex Rp300 miliar telah digunakan untuk pembangunan pabrik baru, pengembangan, penambahan mesin, hingga jaringan wilayah distribusi di seluruh wilayah. Salah satunya untuk pembangunan pabrik berlokasi di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Jaraknya sekitar 40 menit dari Titik Nol IKN.

Menyongsong 2024, perseroan menganggarkan nilai capex sama, yakni di kisaran Rp300 miliar. Manajemen berencana untuk kembali mengembangkan pabrik, menambah pabrik baru hingga mesin. CLEO juga membidik peningkatan kapasitas produksi, otomatisasi, dan perluasan jaringan distribusi.

Secara keseluruhan, CLEO memiliki 32 pabrik. Setahun ke depan, perseroan akan membangun 3 pabrik baru yang berlokasi di Palu, Pontianak, dan Pekanbaru. Hingga kuartal III-2023, pendapatan usaha CLEO menembus Rp1,15 triliun, atau naik 13,6 persen year-on-year (YoY). Adapun laba bersih mencapai Rp204,8 miliar, atau naik 35,7 persen YoY. (*)