EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAAA dengan prospek stabil Bank China Construction Bank Indonesia (MCOR). Peringkat itu, merefleksikan tingkat kemungkinan sangat kuat dukungan China Construction Bank Corp (CCB Corp atau Induk).

Di samping profil kredit berdiri sendiri mencerminkan permodalan sangat kuat, dan likuiditas kuat, tetapi dibatasi tekanan pada kualitas aset, dan indikator profitabilitas di bawah rata-rata. Peringkat dapat dilorot kalau Pefindo melihat ada pelemahan signifikan pada tingkat dukungan induk usaha.

Itu dapat tercermin dari tingkat pengendalian jauh lebih rendah dari CCB Corp, atau kalau Bank China Indonesia mengalami penurunan signifikan pada kinerja bisnis, dan keuangan tanpa adanya indikasi dukungan luar biasa dari induk usaha. 

Bank China Indonesia memiliki fokus usaha pada segmen korporasi, menyediakan layanan perbankan untuk perusahaan-perusahaan asal China, dan lokal. Bank juga menyediakan layanan kredit komersial, usaha kecil dan menengah (UKM), dan konsumen. 

Per 30 Juni 2024, struktur pemegang saham Bank China  Indonesia terdiri dari CCB Corp 60,00 persen, UOB Kay Hian 8,21 persen, Johnny Wiraatmadja 6,94 persen, and the public mengempit 24,85 persen. (*)