EmitenNews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA- dengan prospek stabil untuk PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP). Penegasan peringkat ini disampaikan dalam laman Ikhtisar Peringkat Pefindo pada 3 September 2024. 

Peringkat ini mencerminkan pendapatan berulang INPP yang stabil, posisi pasar yang baik dengan kualitas aset yang solid, serta kekuatan merek jaringan hotel yang dimiliki perusahaan.

Pefindo menjelaskan bahwa peringkat ini juga dipengaruhi oleh profil keuangan perusahaan yang moderat, risiko yang terkait dengan proyek-proyek masa depan, dan paparan terhadap gangguan perjalanan yang disebabkan oleh peristiwa tak terduga. 

"Peringkat tersebut dibatasi oleh profil keuangan Perusahaan yang moderat, risiko terkait dengan proyek-proyek di masa depan, dan paparan terhadap gangguan perjalanan yang disebabkan oleh peristiwa," sebut Pefindo dalam keterangannya.

Pefindo juga menyebutkan bahwa peringkat INPP dapat ditingkatkan jika perusahaan berhasil secara konsisten mencapai target pendapatan dari segmen bisnis berulang dan tidak berulang, serta memperbaiki leverage keuangannya secara berkelanjutan. 

Sebaliknya, peringkat tersebut dapat diturunkan jika INPP gagal melaksanakan aksi korporasi yang direncanakan, atau jika pendapatan dan EBITDA perusahaan jauh di bawah proyeksi. 

"Peringkat tersebut juga dapat diturunkan jika pendapatan atau EBITDA INPP jauh di bawah proyeksi, dan jika Perusahaan menanggung lebih banyak utang daripada yang diproyeksikan tanpa dikompensasi oleh prospek pendapatan yang lebih kuat, yang melemahkan metrik keuangan Perusahaan secara berkelanjutan," tambah Pefindo.

Indonesian Paradise Property (INPP), yang didirikan pada tahun 1996, dikenal sebagai pengembang properti serba guna yang bergerak di bidang operasi hotel, pengembangan pusat perbelanjaan, dan perumahan bertingkat tinggi. 

Hingga 30 Juni 2024, pemegang saham utama INPP adalah PT Grahatama Kreasibaru dengan kepemilikan 37,00%, diikuti oleh Tree of Blessing Pte Ltd dengan 28,15%, Elysium Investment Partner Ltd dengan 18,00%, CGS International Securities Singapore Pte Ltd dengan 8,43%, manajemen dengan 0,05%, dan publik dengan 8,37%.

Peringkat idA- dengan prospek stabil ini menandakan bahwa INPP memiliki kapasitas yang memadai untuk memenuhi kewajiban finansialnya, meskipun beberapa faktor risiko seperti proyek masa depan dan ketidakpastian ekonomi tetap perlu diwaspadai oleh investor.