EmitenNews.com - Presiden Federal Reserve (Fed) Atlanta Raphael Bostic memprediksi tidak akan ada penurunan suku bunga setidaknya hingga 2023, bahkan jika ada resesi. Komentarnya muncul ketika The Fed telah menaikkan suku bunga sebanyak 10 kali sejak Maret 2022 dalam upaya menurunkan inflasi yang setahun lalu mencapai level tertinggi sejak awal 1980-an.


"Bagi saya, inflasi adalah pekerjaan nomor satu. Kita harus kembali ke target kita. Jika akan ada biaya untuk itu, kita harus bersedia melakukannya," kata Bostic, dilansir dari CNBC International, Rabu, 17 Mei 2023.


Meskipun inflasi masih berjalan jauh dari target bank sentral dua persen secara tahun-ke-tahun, namun harga pasar menunjukkan bahwa The Fed telah melakukan kenaikan dan bahkan akan memangkas suku bunga beberapa kali sebelum akhir tahun.


Itu sebagian besar didasarkan pada ekspektasi ekonomi sedang menuju perlambatan tajam dan kemungkinan resesi dangkal, yang telah diprediksi oleh para ekonom The Fed sendiri. Tapi, Bostic tidak melihat pemotongan datang dalam waktu dekat, bahkan memperkirakan peningkatan akan lebih mungkin terjadi pada saat ini.


Indeks harga konsumen, yang dirilis minggu lalu, menunjukkan inflasi utama berjalan pada tingkat tahunan 4,9 persen. Sementara inflasi inti .yang tidak termasuk makanan dan energi dan biasanya mendapat penekanan lebih besar dari pejabat The Fed. berada di 5,5 persen.


"Apa yang kami lihat adalah inflasi terus-menerus tinggi, konsumen benar-benar tangguh dalam pengeluaran mereka, dan pasar tenaga kerja tetap sangat ketat. Semua itu menunjukkan masih akan ada tekanan ke atas pada harga. Jika akan ada bias untuk tindakan, bagi saya akan menjadi bias untuk meningkatkan sedikit lebih jauh daripada memotong," tutupnya.(*)