EmiteNews.com – Pernahkah Kawan EmiteNews merasa kesulitan dalam mengelola keuangan? Pernah juga merasa kurang mendapat informasi terkait jenis investasi? Beberapa pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan melakukan konsultasi kepada financial planner.

 

Buat Kawan EmiteNews yang masih pemula dan/atau sudah berulang kali gagal dalam membangun keuangan, financial planner dapat menjadi pilihan untukk menyelesaikan permasalahan keuangan Kawan EmiteNews dengan harapan Kawan EmiteNews sukses mencapai tujuan finansial.  Financial planner yang baik tidak hanya akan mengelola (potensi) kekayaan Kawan EmiteNews, tetapi mereka juga akan memperhatikan keadaan pribadi. Untuk itu, komunikasi interpesrsonal yang baik dapat menjadi faktor pendukung kesuksesan Kawan EmiteNews dalam mengelola keuangan.


Melansir The Financial Diet, berikut 5 hal pentingnya financial planner dalam membangun tujuan keuangan.

 1.Sebelum mencari dan bertemu financial planner, catat semua pertanyaan mengenai keuangan Kawan EmiteNews 

Langkah awal untuk memulai kelola rencana keuangan adalah membuat kerangka. Layaknya membangun rumah, dimulai dari pembuatan pondasi. Tulis daftar pertanyaan yang berkaitan dengan keuangan dalam pikiran Kawan EmiteNews. Ini bertujuan untuk mengetahui secara persis berapa uang yang diperlukan dan memudahkan financial planner membuat alokasi keuangan.


2.Minta rekomendasi orang terdekat tentang financial planner

Untuk mengetahui dan mencari financial planner yang cocok dapat dimulai dari keluarga dan kerabat dekat yang memiliki financial planner. Minta rekomendasi orang terdekat untuk Kawan EmiteNews memulai hidup dengan tujuan jelas. Jika orang terdekat tidak menggunakan jasa tersebut, Kawan EmiteNews dapat mencari di situs pencarian atau mencari informasi lewat influencer keuangan. Lihat juga bagaimana review dari para pengguna jasa tersebut.


Hal ini memudahkan Kawan EmiteNews dalam melakukan validasi terhadap financial planner yang diinginkan. Tidak ada salahnya Kawan EmiteNews menjadi orang pertama di keluarga yang menggunakan jasa financial planner. Hal itu dapat menjadi warisan terbaik dari Kawan EmiteNews untuk keluarga.


3.Buat secara spesifik tujuan keuangan sesuai dengan nilai dan prinsip Kawan EmiteNews


Sangat disarankan Kawan EmiteNews menceritakan beberapa tujuan keuangan dalam pertemuan pertama dengan financial planner. Misalnya, memiliki dana pendidikan untuk anak-anak penting bagi Kawan EmiteNews dan pasangan.  Apapun nilai dan prinsip yang menjadi acuan Kawan EmiteNews, pastikan menemukan financial planner yang melakukan hal yang sama. Setelah itu, Kawan EmiteNews dan financial planner dapat bekerja sama dengan landasan kepercayaan menuju tujuan finansial.


4.Pilih financial planner yang cocok dengan Kawan EmiteNews untuk menjadi mitra menuju tujuan keuangan.

Terlepas dari review bagus, penting mencari financial planner yang cocok secara personal dengan Kawan EmiteNews, karena yang akan dikomunikasikan kepada lawan bicara adalah keuangan dan hal ini menjadi sensitif bagi sebagian orang. Jika sudah teratasi, Kawan EmiteNews dapat melakukan komunikasi kepada financial planner dengan menceritakan situasi keuangan saat ini.


Jika financial planner menyemangati, memberikan masukan dan ide tentang cara mengelola keuangan dengan baik, dapat dipastikan dirinya bisa menjadi partner yang baik. Penasihat keuangan yang baik akan mendengarkan tujuan keuangan dan membantu mewujudkan impian Kawan EmiteNews. Dirinya akan memandu Kawan EmiteNews dan pasangan dalam membuat rencana yang menggerakkan kalian menuju kebebasan finansial.


5.Komunikasikan keuangan secara transparan untuk tujuan keuangan.

Financial planner akan berada dalam pertemuan dengan Kawan EmiteNews dan pasangan untuk memastikan kalian melakukan hal yang benar dan semuanya bermanfaat bagi keuangan kalian. 


Meskipun financial planner tidak memiliki semua jawaban, dirinya berusaha mengerti dengan situasi dan keadaan Kawan EmiteNews agar dapat bekerja lebih baik dalam jangka panjang. Berangkat dari hal tersebut, Kawan EmiteNews akan mengetahui seberapa serius dan tertariknya financial planner menjadi mitra.