EmitenNews.com - Perang Rusia - Ukraini diperkirakan tidak berpengaruh pada nasib pembangunan Kilang Tuban. Ketegangan geopolitik itu, tak mempengaruhi kerja sama Indonesia dan Rusia dalam pembangunan Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban di Jawa Timur. Presiden Vladimir Putin memerintah operasi militer di Ukraina, salah satu negara dalam Federasi Rusia, Kamis (24/2/2022).


Dalam pernyataannya seperti dikutip Sabtu (26/2/2022), Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tutuka Ariadji mengatakan, proyek Kilang Tuban tetap berjalan sesuai rencana. Sejauh ini, pihaknya belum melihat pengaruh ketegangan Rusia - Ukraina itu, terhadap proyek Rosneft di Tuban.


Seperti diketahui Kilang Tuban merupakan proyek kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan perusahaan Rusia, Rosneft. Kilang ini dibangun dengan kapasitas pengolahan sebesar 300 ribu barel per hari yang akan menghasilkan 30 juta liter BBM per hari untuk jenis gasoline dan diesel. Selain itu, akan dihasilkan pula 4 juta liter avtur per hari serta produksi petrokimia sebesar 4,25 juta ton per tahun.


Menurut Tutuka Ariadji, komitmen Rosneft terhadap proyek Kilang Tuban cukup baik. Diakuinya, tahapan untuk pembangunan kilang tersebut terbilang panjang. Saat ini masih dalam tahap studi dan pembebasan lahan, sesuai target yang ditetapkan bersama.


"Progresnya saya rasa cukup baik, sesuai target dan ini dilihat baik oleh Rusia bahwa kita mengerjakan ini dengan kerja sama yang baik," kata Tutuka Ariadji.


Pemerintah telah memberikan alokasi gas domestik dan fasilitasi untuk memberi kemudahan perizinan. Proyek Kilang Tuban disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar di Tanah Air. Pembangunan kilang Indonesia - Rusia ini, menyerap 1.200 pekerja lokal.


Dalam proyeksinya, proyek Kilang Tuban sangat strategis. Karena pembangunan kilang minyak yang akan terintegrasi dengan petrokimia itu, bertujuan mewujudkan ketahanan energi nasional, memenuhi kebutuhan dalam negeri serta mengurangi impor.


Untuk terlaksananya proyek Kilang Tuban, pemerintah memberikan penugasan kepada PT Pertamina (Persero) melalui Kepmen ESDM Nomor 807 Tahun 2016 tentang Penugasan kepada PT Pertamina (Persero) dalam Pembangunan dan Pengoperasian Kilang Minyak di Tuban, Jawa Timur. ***