Lembaga peduli AIDS beserta Kader masyarakat juga diharapkan dapat terus mengupayakan penanggulangan AIDS. Itu bisa ditempuh dengan memberikan informasi secara benar dan mengajak kelompok yang rentan untuk dapat mengetahui status HIV melalui pemeriksaan atau tes HIV.

 

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mentargetkan 3 zero yaitu zero kasus baru, zero kematian akibat AIDS dan zero stigma dan diskriminasi di tahun 2030. Untuk mewujudkan target secara nasional ini diperlukan langkah-langkah konkrit dan dukungan semua pihak.

 

"Upaya pencegahan yang patut terus kita dorong adalah perwujudan ketahanan keluarga. Melalui ketahanan keluarga diharapkan masyarakat dapat saling menjaga agar terhindar dari HIV dan AIDS minimal untuk sesama anggota keluarga," ungkapnya.

 

Sekretaris KPA Kota Pekanbaru Hasan Supriyanto menambahkan, guna mendukung upaya penanggulangan AIDS, KPA akan siap berkomunikasi dengan para pihak yang berinisiatif melakukan upaya penanggulangan AIDS termasuk di tempat kerja.

 

Menurut Hasan Supriyanto, karena pemerintah memiliki keterbatasan, peran serta masyarakat menjadi sangat diperlukan. Melalui dukungan berbagai pihak termasuk masyarakat, upaya penanggulangan AIDS diharapkan lebih masif. Dari situ diharapkan kewaspadaan masyarakat akan epidemi HIV dan AIDS semakin meningkat. ***