EmitenNews - Secara teknikal, terbentuknya pola hammer pada perdagangan Kamis (25/3/2021) mengindikasikan peluang technical rebound pada perdagangan Jumat (26/3) ini. Ditambah IHSG yang juga mampu bertahan di atas support level 6050 sepanjang perdagangan Kamis.


Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, memperkirakan dari eksternal, peningkatan kasus baru covid-19 dalam sepekan terakhir menjadi salah satu fokus pelaku pasar. Isu ini juga menjadi salah satu topik yang akan dibahas dalam virtual meeting di antara para pemimpin EU pada Kamis (25/7) waktu setempat.


Masih terkait covid-19, Pemerintah Indonesia yang kembali mendatangkan 16 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku dari Sinovac pada Kamis (25/3) juga ditunggu perkembangannya.


"Disamping perkembangan covid-19, data ekonomi domestik juga menjadi perhatian pelaku pasar. Terbaru adalah penyaluran kredit Sektor Perbankan Indonesia (SPI) yang terkoreksi 2.3% yoy pada Februari 2021," kata Valdy. Data ini menurutnya bakal menjadi perhatian pelaku pasar terhadap proses pemulihan ekonomi di Indonesia, terutama di Q1-2021.


Pada perdagangan hari ini Phintraco menyarankan investor mencermati saham-saham komoditas, seperti ANTM, INCO, INKP dan TKIM, seiring dengan ekspektasi peningkatan permintaan pasar ekspor. Saham lain yang dapat dicermati adalah UNVR, TBIG, JPFA dan ISAT.(*)