EmitenNews.com - Garuda Metalindo (BOLT) mencaplok 98 persen saham Indo Kida Plating (IKP). Akuisisi saham bernilai Rp47 miliar telah dituntaskan pada 19 Juni 2023. Transaksi tersebut masuk ranah afiliasi. 


Transaksi itu, dilatari pertimbangan keduanya memiliki fokus dalam industri sama yaitu bidang industri otomotif. Dalam penerapan strategi dan upaya keduanya, terutama menghadapi pertumbuhan pesat bidang itu, Garuda Metalindo memandang akuisisi tersebut sejalan tujuan bersama untuk memperkuat integrasi, memperluas pangsa pasar, menciptakan sinergi perusahaan lebih kuat, dan lebih mampu bersaing dengan perusahaan lain bergerak industri otomotif. 


Sinergi itu, juga diharap dapat memberi nilai tambah dari sisi kualitas, efisiensi proses bisnis, dan meningkatkan daya saing pasar. Dengan potensi sinergi, dan efisiensi antara keduanya, Garuda Metalindo mengharapkan rencana tersebut dapat memberi kontribusi positif bagi kinerja keuangan konsolidasian di masa mendatang.


Sinergi antara Garuda Metalindo, dan IKP juga berpotensi meningkatkan pendapatan pada masa mendatang, dan transaksi tersebut suatu upaya untuk meningkatkan struktur kapital, dan nilai kapitalisasi pasar perseroan. Nantinya, pada akhirnya diharap dapat memberi nilai tambah bagi perseroan, dan seluruh pemegang saham. 


Garuda Metalindo mendapat keuntungan bersifat kualitatif. Yaitu, dapat menambah portofolio pelengkap kegiatan usaha untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis bidang otomotif, komponen, dan memberi kualitas produk maksimal sebagai bentuk usaha meningkatkan kepuasan konsumen. 


Tentu juga kerugian bersifat kualitatif akan didapat kalau target tidak tercapai sebagaimana direncanakan. Efeknya, berakibat kinerja perusahaan terkoreksi, dan perseroan dianggap gagal mengembangkan investasi di IKP. Itu kemudian dapat berpengaruh negatif terhadap kredibilitas perseroan terhadap stakeholder. (*)