EmitenNews.com - BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) menegaskan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan. Itu ditunjukkan dengan mendukung pengoperasian kembali Bank Sampah Anggrek Ciliwung. Program itu, merupakan bagian dari kegiatan CSR BNI Sekuritas kerja sama dengan Karya Salemba Empat (KSE).

Memberikan wadah bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam pengumpulan, dan daur ulang sampah, sekaligus mengubah menjadi produk bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. ”Keberlanjutan tidak dapat dicapai satu pihak. Butuh keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk mencapainya,” tutur Yoga Mulya, Direktur Operasional sekaligus Pembina CSR BNI Sekuritas.  

Sejak berdiri pada 2018, Bank Sampah Anggrek Ciliwung, di bawah pimpinan Syamsuryati, telah melayani lebih dari 140 nasabah, dan mengelola 400-600 kilogram (kg) sampah setiap bulan. Itu diharap dapat membantu mengurangi jumlah sampah dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, yang menerima lebih dari 7.000 ton sampah setiap hari. 

“Melalui pengelolaan sampah bijak, Bank Sampah Anggrek Ciliwung telah mengolah sampah organik menjadi produk bermanfaat seperti Pupuk Organik Cair (POC), pembuatan lubang Biopori, sampah anorganik menjadi Eco Brick, dan kerajinan tangan lain dapat dijual kembali masyarakat. Sejauh ini, pengelolaan sampah via Bank Sampah telah mendukung keberlanjutan lingkungan sekitar, dan memberi manfaat seperti meningkatkan pertumbuhan tanaman, menjaga kebersihan rumah, hingga bisa membuat sumur-sumur sekitar lubang resapan biopori terhindar dari kekeringan” ucap Syam. 

Selain dukungan operasional, BNI Sekuritas dan KSE juga memperkenalkan inovasi terbaru berupa cat litter berbasis kertas, dan tempat sampah pintar yang dilengkapi teknologi AI untuk mendeteksi jenis sampah. Hingga saat ini, BNI Sekuritas telah berkontribusi kurang lebih 250 kg sampah kertas sebagai bahan uji coba atau riset untuk daur ulang menjadi cat litter. Selanjutnya, inovasi itu diharap dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah oleh masyarakat.

”BNI Sekuritas berkomitmen mendukung inisiatif berdampak positif bagi lingkungan, dan masyarakat. Kami yakin kolaborasi, dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat kunci menciptakan perubahan signifikan dalam pengelolaan lingkungan. Melalui edukasi, dan pemberdayaan komunitas, kami ingin berkontribusi nyata terhadap keberlanjutan. Mari bersama-sama menjaga, dan merawat lingkungan untuk generasi mendatang," harap Yoga. 

Sebagai informasi, kerja sama BNI Sekuritas dan KSE dimulai pada 2022 melalui program CSR “We Move, We Share, We Care,” berfokus pada literasi inklusi keuangan, pendidikan, keberlanjutan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat. (*)