EmitenNews.com - Samudera Indonesia (SMDR) menginjeksi modal anak usaha Rp460 miliar. Dana segar itu mengucur deras memenuhi kantong entitas usaha yaitu Samudera Pelabuhan Indonesia. Transaksi penguatan modal itu, telah dituntaskan pada 14 November 2023.


Penyertaan modal itu, dilakukan dengan cara perseroan menyerap 460 ribu saham baru yang diterbitkan Samudera pelabuhan. Saham baru itu, diserap dengan harga pelaksanaan Rp1 juta. Dengan pelaksanaan transaksi itu, kini perseroan menguasai 99,985 persen saham Samudera Pelabuhan. 


Lebih rinci pemegang saham Samudera Pelabuhan menjadi sebagai berikut. Yaitu, perseroan 1,7 juta lembar setara Rp1,7 triliun. Lalu, PT Samudera Indonesia Tangguh 248 lembar alias 248 juta. Dan, PT Samudera Wadah Mitra 2 eksemplar senilai Rp2 juta. 


Suntikan modal itu, untuk memperkuat struktur permodalan Samudera pelabuhan. Itu sekaligus menjadi salah satu langkah strategis untuk mendukung investasi, dan kegiatan usaha. Dengan tambahan modal itu, diharap meningkatkan kontribusi pendapatan terhadap perseroan, dan memberi nilai tambah kepada pemegang saham publik. 


Samudera Pelabuhan merupakan perusahaan terafiliasi perseroan. Perseroan dan Samudera Pelabuhan dikendalikan baik langsung maupun tidak langsung oleh pihak yang sama yaitu Samudera Indonesia Tangguh. Transaksi itu, tidak material sebagaimana POJK nomor 17/POJK.04/2020. (*)