EmitenNews.com—IHSG membentuk pola menyerupai hanging man/dragonfly doji di penutupan Kamis (4/8). Pola ini merupakan sinyal potensi koreksi/pullback di Jumat (5/8). IHSG berpotensi koreksi ke 7000, jika gagal bertahan di atas 7050.

 

Mayoritas indeks global (Eropa dan US Futures) cenderung flat hingga Kamis sore (4/8). Tanpa ada arahan yang solid dari indeks global, IHSG rawan profit taking di Jumat (5/8).

 

“Sentimen utama masih tertuju pada peningkatan ketegangan geopolitik US-Tiongkok menyusul kunjungan U.S. House Speaker, Nancy Pelosi ke Taiwan. Setelah Taiwan, Nancy Pelosi dijadwalkan melakukan kunjungan ke DMZ antara Korea Selatan dan Korea Utara,” kata Valdy Kurniawan Analis Phintraco Sekuritas, Jumat (5/8/2022).

 

Peningkatan tensi ketegangan tersebut dikhawatirkan kembali berdampak negatif pada world trade seperti yang pernah terjadi pada puncak perang tarif beberapa tahun lalu.

 

Dari dalam negeri, pelaku pasar menantikan data pertumbuhan ekonomi Q2-2022 yang diperkirakan lebih tinggi (secara yoy) dibanding Q1-2022.

 

Top picks untuk Jumat (5/8), meliputi LSIP, ADHI, AALI, ADMR, TOWR, BEBS dan INTP.