EmitenNews.com - Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF U-16. Anak-anak asuh Pelatih Bima Sakti itu, memupus harapan Myanmar lewat drama adu penalti, dalam semifinal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022) malam. Garuda Muda unggul 5-4, setelah dalam waktu normal skor 1-1. Dalam laga final Jumat (12/8/2022), Indonesia akan melakoni partai ulang melawan Vietnam.


Kedua tim nasional sama-sama bertekad kuat memenangkan pertandingan. Meski begitu, Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, mengkhawatirkan mental anak-anak asuhnya karena akan tampil di hadapan 30.000 suporter Timnas Indonesia.


Meski begitu diakui Vietnam merupakan calon kuat juara Piala AFF U-16 2022. Dalam semifinal, Rabu, Tim Nguyen menaklukkan favorit juara, Thailand, dengan skor telak, 2-0. Meski begitu, performa Vietnam belum sempurna betul dalam laga AFF U-16 ini. Vietnam  kalah 1-2 dari Timnas Indonesia U-16 di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu 6 Agustus 2022 malam WIB.


Dilaporkan dalam laga tersebut, Vietnam unggul lebih dulu via eksekusi penalti Nguyen Cong Phuong di ujung babak pertama. Namun, pada awal babak kedua, di depan fans pendukung, Timnas Indonesia U-16 tampil menggila, dan membalikkan keadaan sampai mencetak dua gol.


Ketika itu, dalam kurun waktu empat menit, Timnas Indonesia U-16 mencetak dua gol. Lewat aksi Arkhan Kaka Putra pada menit 51 dan Nabil Asyura (55’). Pelatih Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, mengatakan konsentrasi para pemainnya sempat buyar sepersekian detik karena teror suporter Timnas Indonesia U-16.


“Kekalahan dari Timnas Indonesia U-16, para pemain kami berada di bawah tekanan masif yang dilancarkan suporter,” kata Nguyen Quoc Tuan, mengutip media setempat, Soha.


Komentar Nguyen Quoc Tuan itu yang disoroti Soha. Pelatih Nguyen Quoc Tuan mengatakan seluruh pemain harus menyiapkan mental menghadapi tekanan dari suporter tuan rumah. Sekitar 30.000 penonton akan memadati Stadion Maguwoharjo.


Dalam gelaran AFF U-16, partai final Jumat malam nanti, merupakan partai puncak ketiga Timnas Indonesia U-16. Pada laga final sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 sekali menang dan sekali kalah. Di final Piala AFF U-16 tahun 2013, Asnawi Mangkualam Cs takluk lewat adu penalti dari Malaysia dengan skor 2-3.


Pada final Piala AFF U-16 2018, Timnas Indonesia U-16 menang adu penalti 4-3 atas Thailand.


Sementara itu, ini final kelima Vietnam di Piala AFF U-16. Dalam empat pertandingan puncak sebelumnya, Vietnam mengakhiri tiga laga dengan kemenangan. Artinya, persentase kemenangan Vietnam di final Piala AFF U-16, lebih besar, mencapai 75 persen.


Tetapi, dengan kemampuan pendekatan yang dimilikinya, Bima Sakti dinilai berhasil memompa semangat timnas untuk melibas semua lawannya dalam laga bergengsi ini. Mantan Kapten Timnas Indonesia itu, dinilai bisa menyemangati anak-anak asuhnya, sehingga terus memetik kemenangan sampai hari ini. ***