EmitenNews.com - Koalisi yang digagas PDI Perjuangan akhirnya mempercayakan posisi bakal cawapres kepada Mohammad Mahfud Mahmodin (Mahfud MD). Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Rabu (18/10/2023), mengumumkan nama Menko Polhukam itu, untuk mendampingi bakal capres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Mega menganggap pendekar hukum, dan pembela wong cilik itu, cocok mendampingi Ganjar. Duet Ganjar-Mahfud ini, akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum, Kamis (19/10/2023). 

 

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah bapak Profesor Mahfud MD," ujar Megawati Soekarnoputri dalam acara di kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

 

Hadir dalam acara itu para petinggi partai koalisi pendukung Ganjar Pranowo. Selain jajaran pimpinan PDIP, ada Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang. Tidak ketinggalan Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden Arsjad Rasjid, dan jajarannya.

 

Megawati mengungkapkan, Mahfud sosok yang tidak asing lantaran keduanya pernah bekerja sama di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Megawati pun memuji Mahfud sebagai intelektual yang mumpuni.

 

"Saya perhatikan pengetahuan beliau di bidang hukum sangat penuh dengan pengalaman," kata Presiden ke-5 RI itu.

 

Dalam penilaian Megawati, Mahfud merupakan sosok dengan pengalaman lengkap di ranah legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Mahfud juga dikenal sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik, identik dengan PDI Perjuangan sebagai partainya wong cilik.

 

Setelah pengumuman tersebut, Ganjar Pranowo diketahui langsung memposting foto pertama bersama Mahfud sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024-2029 dalam akun Instagram personalnya.

 

"Ini bukan tentang Ganjar, bukan tentang Mahfud, bukan tentang kekuasaan. Ini untuk Indonesia ????????." Demikian tulis Ganjar Pranowo.

 

Sementara itu dalam sambutannya, Mahfud MD menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Megawati dan para ketua umum partai koalisi pendukung Ganjar. "Ini adalah kehormatan dan kebanggaan saya diberi amanah mengemban tanggung jawab yang besar bersama Mas Ganjar Pranowo."