EmitenNews.com - Pada tanggal 24 Juni 2024, PT Impack Pratama Industri Tbk. (IMPC) telah menandatangani Perjanjian Jual Beli untuk mengakuisisi 100% saham kepemilikan atas Mulford Holdings Pty Ltd (Mulford Holdings) dengan tanggal penyelesaian transaksi pada tanggal 28 Juni 2024.

Mulford Holdings merupakan distributor lembaran plastik untuk signage dan produk bahan bangunan terkemuka di Australia dan New Zealand yang telah berdiri sejak 1946.

Mulford Holdings memiliki 14 distribution center di kedua negara tersebut dan melayani lebih dari 8.300 pelanggan setiap tahunnya. Selain bergerak di bidang distribusi, Mulford Holdings juga menyediakan jasa pabrikasi dan perancangan display.

"Ekspektasi kami akuisisi ini dapat menambahkan Pendapatan Bersih IMPC sekitar Rp400 miliar yang akan tercatat pada tahun fiskal 2024 ini," Direktur Utama Perseroan, Haryanto Tjiptodihardjo menyampaikan dalam siaran pers (25/6).

"Dalam melaksanakan akuisisi, dua hal terpenting yang kami yakini dapat membangun sinergi yakni jaringan distribusi yang selaras dengan kami dan memiliki brand power yang kuat," Jelas Haryanto.

Manajemen Perseroan juga meyakini melalui sinergi yang tercipta, rantai pasokan yang terintegrasi secara vertikal dapat meningkatkan EBITDA Perseroan untuk lima tahun ke depan. Dalam mendanai akuisisi terhadap Mulford Holdings ini, Perseroan menggunakan kombinasi ekuitas dan utang.

Perseroan juga telah menandatangani Perjanjian Pinjaman dengan Bank BCA untuk membiayai rencana akuisisi ke depan lainnya, serta kesepakatan yang tengah berlangsung.

" Pinjaman tersebut fasilitas Time Loan Revolving 2, dengan jumlah plafon kredit Rp150 miliar,"  tulis manajemen dalam keterbukaan INformasi BEI Selasa (25/6).


IMPC senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya melalui akuisisi, meningkatkan margin, serta memaksimalkan sinergi antar grup Perseroan, jelas manajemen.