1. Jangan melakukan pinjaman untuk menutupi utang yang sudah berjalan

Seringkali banyak orang yang mengambil pinjaman karena untuk membayar utang lainnya. Ini merupakan kesalahan besar dan akan memperburuk situasi. Jika mengalami kesulitan melunasi utang, carilah solusi lain, seperti negosiasi ulang dengan pemberi pinjaman atau mencari pendapatan tambahan.

  1. Bijaksana dan tetap tenang 

Jangan terlalu buru- buru untuk mengambil pinjaman, pikirkan dan pertimbangankan dengan baik, tenang dan tetap bijaksana. Jangan menganggap pinjaman akan menyelesaikan segalanya, apalagi menyelesaikan kesulitan. Jangan sampai pinjaman yang akan diambil justru akan menjebak dan menambah kesulitan baru.

Pinjaman online belum tentu memberikan kemudahan, dan Solusi dalam menyelesaikan masalah yang mendesak. Banyak risiko yang harus dipertimbangkan dan diwaspadai agar tidak terjebak  di dalamnya. 

Kemudahan teknologi seringkali menggoda generasi milenial, tetapi penting selalu bijak dalam mengelola keuangan. Pinjaman online kadang bisa menjadi Solusi, jika penggunaannya benar, tetapi bisa juga menjadi jeratan finansial jika tidak waspada dan berhati- hati. Sehingga pastikan kita memahami sepenuhnya benefit dan risiko, sebelum mengambil Keputusan. Ingat bahwa stabilitas keuangan kita di masa depan sangat dipengaruhi oleh Keputusan keuangan yang bijak hari ini.