EmitenNews.com - Presiden terpilih Prabowo Subianto memastikan bahwa konsep besar pemerintahannya adalah keberlanjutan. Dalam berbagai pidato, kata anggota Gugus Tugas Sinkronisasi Bidang Komunikasi Hasan Nasbi, Prabowo Subianto sangat menekankan pentingnya keberlanjutan pembangunan, bukan membelokkan arah pembangunan.

"Makanya beliau mengajak kita untuk berterima kasih kepada seluruh Presiden yang pernah memimpin. Sebab pencapaian Indonesia saat ini adalah hasil dari kerja keras dan jasa presiden-presiden sebelumnya," tegas Hasan Nasbi.

Hasan Nasbi angkat bicara menanggapi pernyataan Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto soal kaitan antara keamanan dengan pembangunan kereta cepat atau infrastruktur jalan. Ia memastikan, pernyataan tersebut bukan menunjukkan Prabowo menyampaikan penyesalan atas pembangunan infrastruktur yang digaungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pernyataan Prabowo Subianto tersebut dalam konteks memberikan arahan kepada perwira remaja TNI-Polri agar memastikan keamanan sehingga hasil-hasil pembangunan tidak sia-sia.

"Sama sekali tidak tepat jika digambarkan sebagai penyesalan. Beliau justru sedang memberikan perintah kepada TNI-Polri untuk mengabdi menjalankan peran mereka, yaitu menjaga keamanan dan keutuhan negara, agar hasil-hasil pembangunan tidak sia-sia," ujar Hasan Nasbi kepada wartawan dalam keterangannya, Minggu (14/7/2024).

Prabowo memahami peran TNI-Polri dalam pembangunan. Jika komponen lain melaksanakan tugas membangun infrastruktur, membangun ekonomi, dan mencerdaskan bangsa, maka TNI-Polri berperan dalam melindungi bangsa, menjaga keamanan, termasuk menjaga hasil-hasil pembangunan.

"Prabowo Subianto justru mau mengatakan keamanan itu penting jika kita mau terus membangun di masa depan. Begitu sebaliknya, semua hasil-hasil pembangunan yang sudah ada tidak akan maksimal manfaatnya jika keamanan dan keutuhan negara tidak terus dijaga. Sebab pembangunan dan keamanan itu beriringan," jelas Hasan.

Seperti diketahui saat memberikan pembekalan dan arahan kepada calon perwira remaja atau capaja TNI-Polri yang digelar di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2024), Prabowo Subianto menekankan pentingnya peran TNI-Polri untuk menjaga keamanan. Dengan keamanan yang terjamin, pembangunan bisa berjalan lancar dan hasil-hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat.

"Pertama melindungi, baru mencerdaskan, baru pendidikan. Melaksanakan ketertiban dunia. Untuk apa kita bangun gedung-gedung, bandara, kereta api, waduk kalau negara ini tidak utuh, tidak aman, dan tidak terlindungi," kata Prabowo Subianto dalam acara pembekalan capaja TNI-Polri tersebut.

Pihak Prabowo menyebutkan, sejumlah pihak memelintir pernyataan tersebut seolah-olah Prabowo Subianto menyampaikan penyesalan atas hasil-hasil pembangunan seperti kereta cepat dan jalan, atau infrastruktur berbiaya besar lainnya. ***