EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (17/07/2023) pagi mengangkat dan melantik 5 menteri baru untuk membantu tugasnya yang tinggal tersisa sekitar satu tahun. Pelantikan berlangsung di Istana Negara dihadiri sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara.


Di antara menteri yang dilantik hari ini adalah Ketua Pro-Jokowi atau Projo, Budi Arie Setiadi yang mendapat posisi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johny G Plate. Johny yang kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dicopot karena tersangkut kasus proyek pembangunan Base Transceiver System (BTS).


Pelantikan Budi sebagai Menkominfo dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.


Selain Budi Arie, Presiden juga mengangkat 5 wakil menteri (wamen) yang akan mengisi Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Lima menteri baru ini dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32/M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.


Adapun kelima menteri tersebut adalah Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Pahala sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN sejak 2020 menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditarik menjadi Menteri Kesehatan. Sebelum itu ia pernah duduk sebagai Dirut Bank Tabungan Negara (BTN) dan pernah pula menjabat sebagai Direktur Keuangan Pertamina dan Direktur Utama Garuda Indonesia.


Sebagai pendamping Budi Arie, Presiden mengangkat Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDT), Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Saiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama (Menag).


Rosan Roeslani adalah pengusaha yang pernah memimpin Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Sebelumnya ia menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Rosan adalah orang yang cukup dekat dengan Menteri BUMN Erick Thohir, dimana mereka pernah mengakuisisi klub sepakbola Inter Milan bersama Handy Soetedjo.


Turut hadir dalam pelantikan tersebut, antara lain, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.(*)