EmitenNews.com - PT INKA mengirim kereta lintas rel terpadu, dari Madiun ke Jakarta, untuk proyek LRT Jabodetabek, Kamis (14/10/2021). Rangkaian Trainset LRT ke-31 ini merupakan kiriman terakhir dari total 186 gerbong yang dipesan untuk proyek LRT Jabodetabek senilai Rp3,9 triliun. LRT Jabodetabek itu menggunakan bahan baku dengan tingkat komponen dalam negeri lebih dari 40 persen.


Dalam keterangannya yang dikutip Jumat (15/10/2021), Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, LRT tersebut dilengkapi grade of automation level 3 yang berarti pengoperasianya secara otomatis tanpa masinis. "Ini rangkaian terakhir. LRT pertama telah dikirim pada Oktober tahun 2019."


Menurut Budi, target penyelesaian sempat molor dari April 2021 dan mundur hingga Oktober ini. Salah satu penyebabnya, karena pandemi Covid-19 yang memaksa pengurangan jam kerja bagi karyawan maupun terganggunya beragam aktivitas lainnya di berbagai sektor. 


LRT untuk Jabodetabek itu menggunakan bahan baku dengan tingkat komponen dalam negeri lebih dari 40 persen. Sedangkan beberapa komponen lain harus impor karena belum bisa diproduksi di dalam negeri.


"Mudah-mudahan ke depan beberapa komponen itu kami bisa produksi sendiri," kata Budi Noviantoro.


Sementara itu Wali Kota Madiun, Maidi, mengapresiasi pengiriman seluruh LRT tersebut ke Jabodebek. Dia berharap PT INKA terus berkembang dan membuat industri perkeretaapian Indonesia semakin maju. ***