EmitenNews.com - PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (PT INTI) menjalin kerja sama strategis dengan iConn Networks, Inc. DBA LigoWave (LigoWave), perusahaan penyedia solusi jaringan nirkabel terkemuka asal California, Amerika Serikat. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat infrastruktur dan perangkat telekomunikasi di Indonesia.


Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Potensi Bisnis Perangkat Telekomunikasi di Indonesia oleh Direktur Keuangan, SDM, Hukum, dan Manajemen Risiko PT INTI (Persero), Tantang Yudha Santoso, dan CEO iConn Networks, Inc. DBA LigoWave, Turker Hidirlar, di Johor Bahru, Malaysia, pada Kamis, 13 Juni 2024.


"Kolaborasi ini tidak hanya akan meningkatkan kemampuan produksi Perseroan dalam industri solusi jaringan nirkabel," terang Tantang Yudha Santoso, yang sekaligus bertindak sebagai pelaksana tugas area pemasaran Perseroan, di Johor Bahru, Johor, Malaysia, Kamis (13/06). Tetapi juga berkontribusi dalam terwujudnya kemajuan teknologi di bidang telekomunikasi, melalui produk-produk berkualitas tinggi yang diproduksi secara lokal, sekaligus mendukung transformasi digital Indonesia," tambah dia.


Kerja sama antara kedua belah pihak itu rencananya akan fokus pada upaya melokalisasi produksi peralatan telekomunikasi canggih, termasuk perangkat nirkabel, solusi Internet of Things (IoT), smart meter, dan teknologi 5G, di Indonesia.


Kemitraan yang akan memanfaatkan kapabilitas dan kompetensi kedua belah pihak ini akan mencakup ruang lingkup antara lain Produksi Lokal, membangun kemampuan manufaktur peralatan telekomunikasi, Perluasan Pasar, meningkatkan pangsa pasar A ccess P oint dan produk telekomunikasi lainnya di Indonesia.


Selanjutnya Transfer Teknologi, memfasilitasi transfer teknologi dan pelatihan untuk mendukung pengembangan dan penerapan solusi telekomunikasi yang inovatif dan Pembangunan Berkelanjutan, mendukung persyaratan peraturan Indonesia mengenai konten lokal, sekaligus berkontribusi terhadap kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi nasional.


Kegiatan yang dihelat di Kantor Cape EMS Berhard, Johor Bahru, Johor, Malaysia itu mendapatkan dukungan penuh dari kedua belah pihak. Hal ini direpresentasikan melalui kehadiran Acting Head of Mission of the Indonesian Consulate General in Johor Bahru Andreza Sethia Dasuki, Member of the Johor State Legislative Assembly Yang Berhormat Liow Cai Tung, Chairman Cape EMS Berhard Datuk Rabin Bin Basir.


Kemudian Chief Executive Officer Cape EMS Berhard Christina Tee yang akan menjalankan peran dalam produksi dan jaminan kualitas perangkat, Chief Technology Officer Edward Ho, Deputy Executive General Manager PT INTI (Persero) Herwan Herwansyah, serta pejabat struktural dari semua pihak yang berkepentingan.


Sementara itu, Chief Executive Officer iConn Networks, Inc. DBA LigoWave Turker Hidirlar menekankan bahwa kemitraan ini memiliki peranan penting dalam peningkatan konektivitas di Indonesia, karena menjadi tonggak penting dalam menghadirkan solusi telekomunikasi mutakhir ke Indonesia.(*)